fbpx
Kesehatan

Sakit Gigi, Sembuhkan Dengan 5 Bahan Ini Dijamin Ampuh!

Energibangsa.id(Semarang)—Sakit gigi memang tidaklah menyenangkan dan mengenalan. Ketika hal tersebut mulai menyerang rasa sakit yang tak tertahankan terkadang menggelanyuti diri kita. Sehingga menganggu segala aktivitas atau rutinitas yang kita kerjakan

Bahkan dalam beberapa kasus, disaat sakit gigi sudah menjadi sangat parah akan membuat kita merasa gelisah, sulit tidur hingga tidak doyan makan.

Tindakan awal yang terlintas dalam benak kita pun adalah dengan meminum obat sakit gigi untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Atau mungkin jika sudah tidak tahan akan rasa sakitnya terkadang kita buru-buru pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan agar cepat hilang  

Tapi tahukah sobat energi bangsa, ternyata kita dapat mengobati rasa sakit yang ditimbulkan sakit gigi dengan mudah dirumah tanpa perlu meminum obat terlebih dulu sebagai pertolongan pertama dan sebelum semuanya semakin parah?.

Sebab terlalu banyak minum obat juga tidak sarankan dan tidak baik untuk kesehatan terutama untuk ginjal dan hati kita karena dapat mengganggu organ tersebut selain benar-benar dibutuhkan.

Dilansir dari Pinkvilla sebagaimana yang berhasil dihimpun oleh tim energibangsa.id, inilah beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengurangi dan menenangkan rasa sakit yang dialami.

Dan berikut adalah ulasan dari bahan-bahan yang dapat digunakan sobat energi bangsa dalam mengurangi dan menenangkan rasa sakit gigi dirumah :

  1. Kompres dengan air es/ es batu

Ketika rasa nyeri mulai terasa sobat energi bisa langsung mengambil air es di dalam baskom lalu celupkan sepotong air ke dalam air es baru ditempelkan pada pipi di bagian rasa sakit itu berada.

Atau bisa juga dengan membungkus es batu dengan kain, lalu letakan di bagian mulut.

Tapi yang perlu diingat sobat energi bangsa adalah jangan pernah meletakkan langsung di gusi atau gigi kalian, sebab akan menambah rasa sakit atau nyeri yang dirasa dari hawa dingin yang dikeluarkan dari air es atau es batu tersebut.

Dengan kompresan ini dapat sedikit membantu sobat energi bangsa sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit gigi.

  • Air garam

Kemudian bahan kedua yang bisa sobat energi bangsa gunakan yakni air garam. Mungkin cara kedua ini sudah sedikit diketahui oleh sebagian orang tapi terbilang cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan sakit gigi.

Yang harus dilakukan pertama kali dalam cara ini adalah tambahkan satu sendok makan garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu aduk hingga merata dan kumur-kumur.

Berkumur dengan air garam diketahui dapat membantu membersihkan kotoran yang tersangkut di gigi kita.

Ini juga dapat membunuh bakteri yang membuat gigi kita sakit. Dengan demikian, maka bisa mengurangi pembengkakan pada gusi sobat energi bangsa ya.

  • Kunyit

Sobat energi bangsa apakah kalian tahu jikalau kunyit dapat membantu kita dalam

Ya di dalam kunyit ada dua unsur yang dikenal sebagai ramuan antiseptic dan antiinflamasi yang kuat. Kedua ramuan ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad lho sobat energi bangsa.

Salah satunya yaitu pengobatan sakit gigi yang mana dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan serta membunuh bakteri.

Sobat energi bangsa bisa minum segelas susu kunyit atau membuat pasta bubuk kunyit dan air lalu mengoleskannya pada gusi kita.

  • Cengkeh

Tidak hanya kunyit saja nih yang mampu membantu mengobati sakit gigi kita, sobat energi bangsa. Tapi ternyata cengkeh pun begitu.

Seperti ramuan ajaib, cengkeh dapat membantu mengobati sakit gigi dan gusi kita. Sobat energi dapat menggunakan minyak cengkeh dan oleskan ke darah yang sakit dengan bantuan kapas.

Kita juga dapat menggunakan minyak cengkeh yang dicampur dengan air loh lalu dikumur-kumurkan. Atau bisa juga menyimpan cengkah di mulut anda dan terus mengisapnya seperti nginang zaman kakek dan nenek kita dulu.

  • Teh Pappermint

Bila rasa nyeri dari sakit gigi mulai melanda dan sobat energi bangsa sedang dalam aktivitas atau pekerjaan yang menumpuk sehingga menganggu jalannya aktivitas dan tidak sempat untuk segera pergi ke dokter ataupun meminum obat ada cara mudah yang bisa dilakukan nih..

Sobat energi bangsa tinggal membuat segelas teh peppermint dan meminumnya. Teh peppermint dikenal mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya.

Secangkir teh peppermint diyakini dapat menyembuhkan gusi kita yang sakit secara kilat. Kita dapat menggunakan kantong teh hangat atau mendinginkannya sebentar lalu taruh pada area yang sakit.

Ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang dirasa.

Nah demikian bahan-bahan dan cara yang diketahui serta diyakini dapat meredakan, meringankan dan menyembuhkan rasa nyeri pada gigi kita yang sakit dengan mudah dirumah tanpa meminum obat atau pergi ke dokter sebagai pertolongan pertama nih sobat energi bangsa..

Silahkan mencoba…

Related Articles

Back to top button