Kabar Indonesia

Rute Baru, Kini BRT Trans Jateng Lewati Kawasan Industri Kendal

Energibangsa.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Kendal meresmikan jalur bus rapid transit (BRT) Kawasan Industri Kendal (KIK), Kamis (14/10). BRT jalur KIK sudah mulai beroperasi sejak kemarin (15/10).

Dihadiri Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Ir. Satriyo Hidayat, Presiden Direktur dan CEO KIK Stanley Ang, dan para Kepala OPD Kabupaten Kendal, peresmian dilakukan di lokasi KIK sebelah selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat menyebut banyak masyarakat mengharapkan adanya penambahan rute menuju KIK. Ini dipicu peresmian BRT Jateng rute Kendal – Mangkang Semarang pada tahun 2019 lalu.

BRT Trans Jateng

“Dari Pemkab Kendal telah mengusulkan beberapa titik penambahan jalur BRT. Salah satunya penambahan halte di Kawasan Industri Kendal. Usulan itu kami realisasikan agar lebih mempermudah para karyawan dan mahasiswa saat melakukan perjalanan untuk beraktivitas. Terutama keselamatannya lebih aman dan terlebih bisa ngirit ongkos,” kata Satriyo.

Sementara ini, baru ada dua unit BRT yang beroperasi di pagi dan sore hari. Namun Satriyo menambahkan, rencananya akan ada 14 armada bus yang beropersai nantinya. “Kami akan terus berkomunikasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kendal terkait perkembangan KIK. Jika KIK ini sudah banyak perusahaan dan menambah banyak karyawan, maka nanti akan kami tambah menjadi 14 bus yang beroperasi” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa turut menyampaikan ucapkan terima kasih untuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang sudah memberikan perhatianya kepada Pemkab Kendal. “Harapanya dengan adanya penambahan jalur BRT di KIK, selain mempermudah para mahasiswa dan karyawan, juga mempermudah para investor-investor yang memiliki pabrik di kawasan industri. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov Jateng , terutama Kepala Dinas Perhubungan atas kontribusinya terhadap Pemkab Kendal. Di Kabupaten Kendal kita mampu menciptakan sinergitas yang baik sehingga situasi di Kendal sangat kondusif,” tuturnya.

Stanley Ang sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kabupaten Kendal karena telah memfasilitasi para karyawan dan mahasiswa Politeknik di KIK yang saat ini sudah sekitar 900 orang.

“Adanya tambahan jalur BRT di KIK ini sangat bagus. Karena dengan adanya fasilitas ini para pekerja dan mahasiswa dapat merasakan manfaatnya. Saya juga berharap, jika nanti sudah banyak pabrik yang sudah beroperasi dapat ditambah lagi beberapa titik halte dan penambahan bus yang beroperasi di KIK,” ucapnya.

Sama seperti tarif BRT untuk rute lainnya, BRT Jateng KIK Kendal tetap mematok tarif terjangkau, yakni Rp 4000 untuk umum dan Rp 2000 untuk pelajar.(Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button