fbpx
Kabar Daerah

Roti Ganjel Rel Kuenya Warga Semarang

SEMARANG, energibangsa.id – Siapa bilang kalau kayu tidak bisa dimakan, bagaimana kalau kamu ke Kota Semarang dan coba mencicipi kue khas tempo dulu yang bernama Roti Ganjel Rel. Sekilas memang nama yang aneh jika diartikan secara harafiah. Namun, itulah merupakan sebuah nama dari kue legendaris asal Kota Semarang.

Kue yang memang sekilas terlihat seperti kayu ini, terdiri dari komposisi yang tersusun oleh tepung terigu, kayu manis, telur, dan wijen. Diibaratkan seperti menjadi sebuah keharusan pada tradisi menyambut datangnya bulan Ramadan. Dengan menyimbolkan pikiran jernih, tenang, dan taka ada gangguan.

Berawal dari nama Roti Gambang, karena mirip dengan alat musik gambang dan dikenal lebih jauh dengan ganjel rel. Roti ini selalu jadi incaran pada saat tradisi Dugderan di Masjid Agung Kauman Semarang.

Kehadiran Roti Ganjel Rel saat ini sudah mulai jarang ditemui, bila ingin menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Semarang para wisatawan bisa mendapatkannya di Pusat Oleh-Oleh yang berjejer di sekitar Jalan Pahlawan. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button