fbpx
Energi Muda

Risma, ‘Sang’ Wali Kota Surabaya itu Kini Jadi Menteri Sosial

SEMARANG, energibangsa.id—Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menunjuk Tri Rismaharini (Risma) untuk mengisi kursi Menteri Sosial RI.

Wali Kota Surabaya itu kini menggantikan posisi Juliari Peter Batubara yang menjadi tersangka KPK atas kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (e-lhkpn) KPK, Risma terakhir kali melaporkan harta pada 27 Maret 2019. Hartanya mencapai Rp7,1 miliar.

Awal Karir

Tri Rismaharini alias Risma adalah sosok perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961. Ia mengawali karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Surabaya.

Pada 1997, Risma menjabat Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Pada rentang 1997-2008, Risma menduduki enam jabatan di Pemkot Surabaya. Lalu pada 2008-2010, ia dipercaya menduduki kursi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Pada 2015, Risma berpasangan dengan Whisnu Sakti Buana maju sebagai pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. Ia memulai berkarir di politik.

Karir Politik

Politisi PDI Perjuangan itu menjabat Wali Kota Surabaya selama 2 periode. Pada 2015, Risma berpasangan dengan Whisnu Sakti Buana. Sosoknya dikenal sebagai wali kota berprestasi.

Salah satu penghargaan yang paling jadi sorotan publik adalah Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia versi World Mayor Project pada 2015.

Surabaya di bawah kepemimpinan Risma juga meraih anugerah Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan karena Surabaya meraih Adipura selama tiga tahun berturut-turut. Hanya Surabaya yang telah meraih penghargaan ini.

Kini, politisi perempuan PDIP itu menjabat sebagai Menteri Sosial. “Selamat, njih, bu …”. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button