Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com. Apa Bedanya? (Foto: Hipwee)
Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com. Apa Bedanya? (Foto: Hipwee)
Gaya HidupRagam Bangsa

Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

0

ENERGIBANGSA.ID – Sebagian besar masyarakat pasti familiar dengan istilah benda yang satu ini. Dapat digunakan untuk menanak nasi di rumah, menghangatkan nasi di warteg, hingga membuat mi instan di kos-kosan. Ya, kebanyakan orang mengenalnya dengan magic com.

Tapi tahukah Sobat Energi, ternyata tidak semua alat yang khas dengan nasi ini bernama magic com! Atau orang-orang biasanya menuliskan dengan ejaan “mejikom“.

Jika kita telusuri silsilah keluarganya, magic com ini memiliki saudara kembar bernama rice cooker dan magic jar. Untuk Sobat Energi yang belum kenal siapa mereka, bersama Energi Bangsa mari kita simak perbedaan mereka yuk.

Rice Cooker

Rice cooker bermula dari tentara Jepang pada tahun 1937 yang mengembangkan alat untuk menanak nasi. Pada awalnya, rice cooker dibuat menggunakan wadah kayu dan lempengan logam tanpa penutup. Ide ini lantas dikembangkan oleh Mitsubishi dengan menggunakan alumunium agar dapat menghantarkan panas lebih baik.

Rice cooker, alat penanak nasi (Foto: Tokopedia)

Rice cooker terus dikembangkan hingga akhirnya berfungsi sebagai alat penanak nasi. Seiring berkembangnya zaman, rice cooker kemudian berinovasi dengan berbagai fungsi. Tak hanya menanak nasi secara otomatis, namun dapat pula untuk menghangatkan nasi dan sayur, mengukus, serta dilengkapi dengan panci anti lengket.

Magic Jar

Sebelum rice cooker melakukan inovasi seperti sekarang ini, dahulu kegunaannya hanyalah untuk menanak nasi. Para pengembang lantas berpikir untuk mencetuskan alat guna membuat nasi tetap hangat ketika disantap.

Magic jar, alat penghangat nasi. Biasa dipakai oleh pemilik industri kuliner (Foto: Tokopedia)

Berdasarkan fenomena tersebut, kemudian dikembangkanlah produk khusus untuk menghangatkan nasi bernama magic jar. Alat ini begitu populer pada akhir tahun 1990-an hingga tahun 2000-an. Magic jar biasanya digunakan oleh pemilik warung atau resto untuk membuat nasi tetap hangat dalam waktu yang lama.

Magic Com

Berlanjut ke silsilah terakhir keluarga pengolah nasi ada magic com. Bisa dibilang alat ini adalah penyempurna dari kedua kakak pendahulunya yaitu rice cooker dan magic jar.

Magic com, alat serba guna (Foto: Tokopedia)

Fungsi penggunaan magic com hampir sama seperti rice cooker. Selain mampu untuk menanak nasi, magic com juga mampu untuk menghangatkan nasi, menumis, membuat kue, hingga memanggang.

Di Indonesia, populer dengan sebutan magic com. Namun banyak juga yang menggunakan istilah instant pot, smart cooker, atau electric pressure cooker untuk produk serupa.

Menilik fungsi magic com yang hampir sama dengan rice cooker masa kini, ternyata ada perbedaan yang dapat dilihat. Perbedaannya adalah magic com dapat membuat nasi tetap hangat hingga 48 jam. Sementara rice cooker hanya berkisar 24 jam. Oleh sebab itu harga jual magic com pun relatif lebih mahal.

Jadi sekarang Sobat Energi sudah tahu ya perbedaan ketiga alat tersebut. Nah yang Sobat Energi miliki jenis apa, nih?

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Hindari Nikah Siri, Pemerintah Aceh Legalkan Poligami

Previous article

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru, Penyakit yang Didera Sutopo Purwo Nugroho

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Gaya Hidup