fbpx
Pendidikan

Revolusi SMK Swadaya; dari Pinggiran Menuju Peradaban Masa Depan

SEMARANG, energibangsa.id – Belum banyak yang tahu, lokasi SMK Swadaya ada dimana, karena memang letaknya masuk ke sebuah gang di daerah Citarum, Semarang Timur.

Namun popularitas sekolah vokasi ini di belantika peradaban pendidikan Semarang, nampaknya mulai menanjak seiring dengan prestasinya yang kian cemerlang di sepanjang tahun 2020 dan awal tahun 2021 ini.

Visi dan misi SMK Swadaya Semarang yang ingin menjadi pelopor sekolah pencetak youtuber dan selebgram di Kota Semarang mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

Selain dari pengamat Pendidikan Jawa Tengah, Ary Tri Winarno, S.Pd, pujian juga hadir dari Ratih Pratiwi, S.Pd, S.Par, S.H, MM, M.Pd, praktisi manajemen pendidikan.

Adopsi Pendidikan Finlandia

Arif Witjaksono, S.Pd, Kepala Sekolah SMK Swadaya Semarang, mengaku bahwa sekolahnya telah menyiapkan banyak terobosan dan inovasi pendidikan dalam rangka merevolusi kurikulum dan pendidikan ala Nadiem Makarim; dengan pola “Guru Penggerak dan Merdeka Belajar”.

“saat ini waka kurikulum dan guru-guru penggerak telah menyiapkan beberapa alternatif dan inovasi pendidikan, dijamin belajar di SMK Swadaya tak akan seperti di sekolah lain,” jelasnya.

Arif menegaskan bahwa pembelajaran di SMK Swadaya akan mulai mengadaptasi pembelajaran ala Finlandia, belajar harus bahagia.

“jam pelajaran sebentar saja, nanti akan lebih banyak praktek di studio youtube, dan manajemen sosial media. Pokoknya intinya pendidikan jangan sampai membosankan,” pungkasnya.

Menuju Peradaban Masa Depan

Saat disinggung mengenai program-program jangka panjang, Misbahul Munir, wakil kepala bagian kurikulum di SMK Swadaya, menjelaskan bahwa revolusi SMK Swadaya menjadi poros peradaban masa depan segera dimulai di tahun ajaran baru 2021 ini.

“kami ingin menjadi pelopor pendidikan digital masa depan,” jelasnya. Bagaimana konsepnya? wahh penasaran kan, sobat energi. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button