EssaiKolom

Revitalisasi Koperasi Mahasiswa

oleh : Mohammad Chairul Anam *

ENERGIBANGSA.ID – Koperasi di dalam kampus sangat bermanfaat bagi mahasiswa dengan mempermudah jarak dan menghemat biaya.

Di dalam koperasi sendiri mahasiswa dapat menabungkan uangnya dan menggunakan uangnya untuk keperluan yang sedang diperlukan. Menabung uang di dalam koperasi dinamakan simpanan pokok dan simpanan wajib.

Dengan pengertian simpanan pokok dibayarkan saat calon anggota pertama kali bergabung dengan koperasi. Untuk simpanan wajib dibayarkan calon anggota dan anggota pada waktu dan kesempatan tertentu.

Koperasi mahasiswa disebut kopma, sudah banyak universitas yang memiliki koperasi mahasiswanya sendiri, seperti Universitas Islam Negeri Semarang, Universitas PGRI Semarang, Universitas Semarang, Universitas Negeri Semarang, Politeknik Semarang, Sekolah Tinggi Ekonomi BPD Bank Jateng dan Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Studi Kasus

Di kampus Universitas Wahid Hasyim sendiri terdapat koperasi mahasiswa bernama Koperasi Wahid Hasyim. Pada Koperasi Wahid Hasyim terdapat usaha berupa, toko yang ada di depan laboratorium teknik kimia, buket wisuda, pemesanan kaos, pesanan snack, dll. Usaha yang dilakukan kopma bentuk dari kreatifitas anggotanya.

Jika anggotanya memiliki ketrampilan dalam usaha bisa meminta pengurus kopma agar memberi dana atau membatu akan usaha yang sedang digelutinya. Sebagai contoh snack untuk acara seminar dan acara lain, kopma bekerja bersama sama antara pengurus dan anggota. Jika anggota membatu pengurus dalam pembuatan pesanan maka anggota tersebut akan diberikan point pada simpanan wajibnya.

Kemudian pemesanan kaos dan jaket juga atas usulan anggota jika anggota tersebut mempunyai konveksi atau bekerja di konveksi kopma sebagai wadah mahasiswa akan senantiasa membantu mempromosikan konvesksi tersebut dengan membuat pre order barang. Kopma mampu mewadahi setiap usulan anggota menggunakan simpanan pokok yang anggota berikan saat pertama kali bergabung di koperasi mahasiswa.

Pada penjualan toko yang ada di depan laboratorium teknik kimia, pengurus kopma yang akan mengisi apa saja yg akan dijual disana. Jika ada anggota yang mau menitipkan barang dagangannya bisa langsung berkomunikasi dengan pengurus kopma. Penitipannya seperti makanan ringan, makanan berat, minuman hangat, minuman dingin, dll.

            Buket wisuda digunakan pada musim wisuda universitas, wisuda fakultas, seminar proposal, ujian koprehensif, dll. Biasanya banyak mahasiswa yang memberikan hadiah kepada teman, kakak angkatan, pacar, dan mantan hehe. Buket yang dibuat sesuai dengan request dari customer. Ada yang meminta buket snack, buket kopi, buket bunga, buket hijab, buket rokok dan masih banyak lagi.

            Setiap usaha yang ada di kopma anggota berhak mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) biasanya sisa hasil usaha di berikan saat selesai masa jabatan pengurus. Enak bukan saat bergabung pada kopma, banyak ilmu dan manfaat yang akan kita peroleh. Yuk gabung ke kopma!

Mohammad Chairul Anam, Mahasiswa Manajemen FE Unwahas *

Related Articles

Back to top button