fbpx
Internasional

Resmi Mundur, Mantan Dirjen WTO Hijrah Ke Pepsico

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Setelah tujuh tahun menjabat, Roberto Azevedo Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) resmi mengundurkan diri dari jabatannya  pada Senin (31/8) kemarin.

Ia kemudian menduduki posisi baru sebagai Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Urusan Perusahaan Minuman dan Makanan ringan Amerika Serikat, PepsiCo.

Menurut Perusahaan itu, pihaknya telah menyiapkan peran untuk Azevedo yang akan bekerja untuk memperkuat upaya keterlibatan eksternal. PepsiCo dengan (otoritas) nasional dan internasional, regulator, organisasi internasional, dan pemangku kepentingan non-pemerintah.

Baca Juga : Alasan Messi Mengapa”Hijrah’ ke Klub Manchester City

“Avezedo akan membawa keterampilan politik dan pengetahuan teknis yang berharga tentang lingkungan sosial, politik, dan peraturan yang kompleks yang memberikan dampak bagi perusahaan” ujar Ramon Laguarta selaku Kepala PepsiCo dilansir cnnindonesia.com

Dalam pernyataannya, Avezedo mengaku senang bergabung dengan PepsiCo. Pada saat memperkuat hubungan antara bisnis, pemerintah, dan masyarakat adalah hal yang penting untuk menghasilkan pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan dan inklusf.

Mei lalu, berdasarkan informasi yang dihimpun tim energibangsa.id , Avezado sempat memberikan kabar yang mengejutkan. Bahwa dirinya  akan mengakhiri masa jabatan keduanya di WTO 12 bulan lebih awal dari yang ditentukan, karena alasan pribadi.

Dia pergi saat organisasi itu berada dalam berbagai krisis, dimana kemrosotan ekonomi global yang hancur akibat pandemi COVID-19.

Selain itu negosiasi perdagangan tampak macet tanpa harapan, dan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China terus meningkat.

Pada saat yang sama, cabang banding dari Badan Penyelesaian Sengketa WTO, yang terkadang disebut sebagai mahkamah agung perdagangan dunia, berhenti berfungsi pada Desember setelah bertahun-tahun ditentang tanpa henti oleh AS.

Salah satu dari delapan kandidat yang saat ini sedang dalam pencalonan untuk menggantikannya akan mengambil kendali semua itu nantinya. (Annisa/EB)

Related Articles

Back to top button