fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

Resep Serabi Solo Teflon Ala Notosuman, Dijamin Enak dan Legit

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Salah satu kuliner khas yang memiliki banyak peminat adalah serabi solo. Berbahan dasar dari tepung beras, serabi solo selalu sukses membuat orang ketagihan pada saat memakannya.

Memiliki bentuk yang cenderung tipis dan bertekstur yang lembut, serabi solo akan terasa semakin nikmat disantap ketika masih hangat.

Salah satu serabi yang terkenal adalah serabi notosuman. Serabi ini sudah sangat terkenal dan populer sebagai serabi Solo yang legendaris karena memiliki rasanya yang enak dan legit, serta gurih khas santan.

Untuk proses pembuatannya sendiri serabi solo juga menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui lho. Yuk intip resepnya.

Bahan-bahan:

100 gr tepung beras

1 sdm tepung terigu

350 ml santan kental

25 gr gula pasir

1/2 sdt Vanili bubuk

1/2 sdm fermipan

1/4 sdt Baking soda

1/4 sdm garam

Secukupnya daun pandan

Secukupnya daun pisang

Topping:

– Pisang secukupnya dipotong-potong sesuai selera

– Nangka secukupnya 

– Keju

– Coklat

– Bisa juga di sesuaikan selera

Langkah pembuatan:

1. Masak santan dan daun pandan, aduk-aduk sampai mendidih, angkat dan diamkan sampai hangat. Ambil 50 ml santai bagian atas untuk areh. Sisihkan.

2. Campurkan semua bahan kering, aduk hingga rata. Kemudian tuangkan 300 ml santan tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk menggunakan whisk. Lalu diamkan adonan selama 1 jam hingga berbusa.

3. Panaskan teflon kecil dengan api kecil. Lalu aduk-aduk adonan yang sudah didiamkan tadi, tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam teflon panas, ratakan dan tutup.

4. Cek serabi jika sudah mulai berlubang, tuangkan 1 sdm santan areh yang disisihkan tadi di tengah2 serabi dan beri topping. Tutup kembali.

5. Cek, jika sudah matang angkat (jangan sampai gosong). Kemudian langsung gulung dengan daun pisang. Lakukan perihal yang sama sampai adonan habis.

6. Setelah selesai, kamu bisa menambahkan potongan buah maupun parutan keju dan coklat. Anda juga bisa menambahkan topping sesuai dengan selera Anda.

Mudah bukan cara membuatnya?

Selain membuat kenyang, membuat serabi solo juga bisa menjadi salah satu kegiatan selama berada di rumah lho.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button