Kabar Indonesia

Resep Puding Talas, Kudapan Manis yang Mudah Dibuat

Energibangsa.id – Bersantai dirumah tak afdol rasanya jika tak menyantap kudapan ringan. Biasanya gorengan ataupun es buah disajikan untuk menjadi teman bersenda gurau. Selain itu puding bisa jadi alternatif. Rasanya yang manis, ditambah sensasi dingin-dingin pas banget untuk manjakan lidah mu.


Beragam olahan puding yang bisa dinikmati, mulai dari berbahan dasar coklat, tape, hinga umbi-umbian pun bisa diolah. Salah satunya talas ungu.
Talas ungu atau yang biasanya disebut dengan rasa ‘taro’ dalam banyak makanan bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia.

Rasanya yang manis dengan tekstur seperti kentang membuat umbi yang satu ini menjadi pilihan pengganti karbohidrat. Hebatnya lagi, talas ungu adalah sumber serat dan nutrisi yang bermanfaat. Tercatat dalam 132 gram taro mengandung serat: 6,7 gram, Mangan: 30% AKG, Vitamin B6: 22% AKG, Vitamin E: 19% AKG, Potasium: 18% AKG, Vitamin C: 11% AKG, Fosfor: 10% AKG, dan Magnesium: 10% AKG.

Kudapan Manis yang Mudah Dibuat

Dengan kandungan nutrisi tersebut tak heran talas ungu bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya mengendalikan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, dan baik untuk pencernaan.
Tertarik membuat puding talas ungu? Bahan dan proses pembuatannya tak jauh berbeda dengan pembuatan puding biasanya.

Berikut lengkapnya,bahan yang diperlukan :
¼ kg talas ungu khas Pontianak
1000 cc santan kelapa
½ sendok teh vanili bubuk
3 bungkus agar-agar bubuk putih
¼ kg gula pasir
½ kaleng susu kental manis
½ sendok teh garam
Pewarna makanan merah jambu dan ungu sesuaikan


Proses Pembuatan

  1. Bersihkan terlebih dahulu talas ungu dengan cara kupas kulitnya hingga bersih. Kukus hingga matang dan empuk teksturnya, angkat dan haluskan.
  2. Sediakan panci dan masukan bahan-bahan puding talas selain susu, masak hingga matang dan mendidih, aduk rata.
  3. Kemudian, masukan susu kental manis ke dalam rebusan puding, aduk agar tercampur rata. Tunggu hingga matang lalu angkat.
  4. Tuangkan rebusan bahan puding ke cetakan khusus atau loyang, tunggu hingga dingin serta keras. Potong-potong puding dan sajikan dengan piring siap saji.

Selesai, mudah bukan? Tinggal tunggu mengeras, puding talas ungu siap disaji dan dinikmati. Selamat Mencoba. (Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button