fbpx
Otomotif

Rem Blong? Begini Tips Antisipasinya!

ENERGIBANGSA.ID – Selama ini, banyak terjadi kecelakaan yang diakibatkan rem blong. Padahal seperti yang diketahui, jika rem merupakan salah satu komponen krusial yang harus selalu diperhatikan.

Kondisi rem blong di jalanan juga dapat diakibatkan adanya faktor eksternal. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan, para pengendara ada baiknya untuk selalu mengecek kondisi rem untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Cara antisipasi

Jusri Pulubuhu, seorang praktisi keselamatan berkendara dari Training Director Jakarta Defensive, memberikan penjelasan apabila pengendara mengalami rem motor mendadak blong yaitu untuk jangan panik.

Kemudian antisipasi pertama yang dapat dilakukan yaitu melakukan proses engine brake atau melakukan perlambatan laju sepeda motor menggunakan mesin. Untuk motor transmisi manual hal ini dapat dilakukan dengan cara menurunkan posisi gigi ke terendah secara bertahap. Pada proses ini harus dilakukan secara halus, menyesuaikan kecepatan, dan terus berkonsentrasi.

Sedangkan untuk motor matic, Jusri menuturkan jika pengendara juga dapat melakukan engine brake, yaitu dengan cara menutup putaran gas.

“Tapi jangan buat masalah baru yaitu engine brake ekstrem langsung turunin ke paling rendah yang malah membuat roda terkunci yang jadinya berpotensi slip,” kata Jusri melalui telepon, Senin (7/9).

“Matic itu juga ada engine brake saat gas kita tutup. Tapi engine brake-nya baru ada saat gas ditutup bener-bener, jadi harus ditahan. Karena kalau tidak saat jalan turunan matic itu yang ada malah loss. Kalau tidak salah matic itu rpm 2.200 – 2.400 akan dapat engine brake,” lanjutnya

Engine break tidak bekerja

Jika engine brake tidak bekerja secara optimal, pengendara disarankan mencari jalan menanjak untuk mengurangi kecepatan. Selain itu pengendara juga dapat mengarahkan motor ke objek ‘aman’ demi meredam benturan dan menghindari risiko bagi orang lain.

“Tapi sekali lagi yang safety tetap saat keluar rumah motor itu harus sehat dan kita dalam berkendara tentu harus punya keahlian. Soalnya kalau bicara soal penyelamatan saat rem blong ya kita tentu harus latihan,” kata Jusri.

Hindari resiko tabrakan

Wahana Makmur Sejati, dari situs resmi dealer Honda, mengatakan yang harus dilakukan pengendara saat rem blong yaitu memberi peringatan kepada orang di sekitar jika kondisi motor sedang bermasalah.

Cara ini diyakini sangat bermanfaat untuk menarik perhatian pengguna jalan lain agar mendapat prioritas dan juga berguna menghindari tabrakan atau ditabrak. Peringatan disarankan menggunakan klakson motor sembari menghidupkan lampu sein atau berteriak.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu semaksimal mungkin menjauhkan motor dari keramaian. Jika memungkinkan motor diarahkan ke tempat sepi dan luas untuk menghindari risiko kecelakaan dengan pengendara lain. (EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button