fbpx
Nasional

Relasi: Partisipasi Masyarakat itu Penting dalam Pemilihan Bupati Kabupaten Banyuwangi

BANYUWANGI, energibangsa.id—Relawan Demokrasi (Relasi) melaksanakan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Banyuwangi 2020 di rumah salah satu anggota Komunitas Sepeda Minion Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur, Minggu (22/11).

Kegiatan sosialisasi tersebut menghadirkan sebanyak 25 peserta. Selain itu, juga menghadirkan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Labanasem, Taji. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan fenomena pilkada yang merupakan implementasi konsep demokrasi Abraham Lincoln,Presiden Amerika Serikat.

“Yang pada dasarnya, pemerintahan yang dipimpin oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat. Ini artinya, pemerintah tertinggi adalah rakyat”, ungkapnya.

Sebuah konsekuensi

Senada dengan pandangan tersebut, Koordinator Relasi Basis Komunitas, Saiful Bari mengatakan dalam konteks Indonesia, Pilkada Serentak ini merupakan konsekuensi dari konsep yang disepakati oleh para tokoh bangsa.

Relasi: Partisipasi Masyarakat itu Penting dalam Pemilihan Bupati Kabupaten Banyuwangi
foto bersama paska sosialisasi Pilkada Banyuwangi 2020 di Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur, Minggu (22/11)

“Namun, Pilkada Serentak kali tentunya berbeda dengan Pilkada sebelum-sebelumnya. Yang menjadi pembeda adalah, Pilkada Serentak nanti akan dihelat di tengah berlangsungnya pandemi covid-19”, ujarnya.

“Sehingga, tak menutup kemungkinan bahwa kekwatiran publik akan partisipasi pemilihan menurun karena kekhwatiran penularan Covid-19 tentu menjadi satu di antara parameter dari kualitas demokrasi”, lanjutnya.

Kekwatiran tersebut juga jadi tolak ukur bagi KPU pusat hingga daerah untuk mempersiapkan sedemikian rupa penyelenggaraan Pilkada mengacu pada sistem protokol kesehatan.

Oleh karena sistem protokol kesehatan ini telah diupayakan dan akan diberlakukan nanti, maka, kata Saiful Bari, para pemilih tak perlu khawatir lagi.

“Tetap hadir pada tanggal 9 Desember dan juga mengikuti protokol kesehatan”, tandasnya (*)

Related Articles

Back to top button