fbpx
Kesehatan

Rekomendasi Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Saat di Musim Pandemi Covid-19

ENERGIBANGSA.ID—Imunitas tubuh yang kuat sangat dibutuhkan pada masa pandemi Covid-19. Akhir-akhir ini Covid-19 kian meluas sehingga menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat. Untuk itu, virus Corona harus dilawan dengan imun yang kuat.

Menjaga imunitas bukan dengan minum vitamin setiap hari saja, melainkan dengan bantuan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Virus Corona dapat menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh. Terlihat dari tingginya angka kematian akibat virus ini.

Beberapa bahan makanan dikatakan memiliki kandungan yang baik untuk tingkatkan imunitas dan melawan virus.

Dilansir dari Eat This, Not That! (5/1/2020), berikut ini 7 jenis makanan peningkat imunitas tubuh untuk hadapi pandemi Covid-19:

1.Jahe

Jahe bisa untuk meningkatkan aktivitas antiviral dan antiinflamasi dalam tubuh. Jahe biasanya dipakai sebagai bumbu masakan atau diracik menjadi minuman kesehatan.

Manfaat jahe segar lebih efektif dibandingkan dengan jahe yang sudah menjadi bubuk. Bahkan, jahe juga dikatakan baik untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2.Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki kandungan nutrisi yang hampir serupa dengan apel. Keduanya sama-sama memiliki flavonoid peningkat imunitas tubuh bernama quercetin.

Bawang bombay juga memiliki sifat yang dapat meningkatkan kesehatan, anti bakteri, anti virus, anti alergi, anti kanker dan anti inflamasi.

3.Lidah Buaya

Lidah buaya lebih dikenal dengan manfaatnya untuk kulit. Tetapi menurut penelitian terbaru, lidah buaya juga memiliki manfaat yang mendukung kekebalan tubuh. Berkat sifat antivirus dan antibakterinya.

Lidah buaya bisa disajikan sebagai jelly atau jus. Tetapi, lidah buaya tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil dan anak-anak di bawah lima tahun.

4.Jamur

Jamur yang punya manfaat medis seperti chaga, reishi, shiitake, maitake dan jenis jamur lainnya mengandung polisakarida yang kuat.

Polisakarida ditemukan memiliki manfaat untuk membantu melawan peradangan dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya jamur juga termasuk makanan peningkat imunitas tubuh.

5.Oatmeal

Serupa dengan jamur, gandum mengandung beta-glucans atau dikenal dengan bahan nabati yang ampuh menjaga kesehatan. Terutama pada jenis gandum utuh, beta glucans akan ditemukan secara alami lebih banyak.

Salah satu gandum utuh yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah oatmeal. Oatmeal bisa dijadikan sebagai menu sarapan atau bahkan camilan tengah malam.

6.Coklat

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji kakao sebagai bahan utama pembuatan coklat memiliki manfaat anti-inflamasi dan mampu meningkatkan kekebalan adaptif dan usus.

Konsumsi bubuk kakao tanpa tambahan gula agar tetap mendapatkan manfaat kesehatannya dan bisa meningkatkan imunitas tubuh.

7.Daun Bawang

Sayuran yang satu ini mengandung allicin. Allicin merupakan senyawa antimikroba yang berfungsi untuk melawan peradangan.

Allicin ditemukan juga dalam bawang merah dan bawang putih. Manfaat lainnya bahkan ditemukan bahwa daun bawang juga merupakan sumber prebiotik yang sehat untuk usus. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button