fbpx
Kabar Daerah

Rawan Pelanggaran, Dico Akan Segera Tertibkan Galian C di Kendal

KENDAL, energibangsa.id—Bupati Kendal terpilih, Dico Ganinduto akan melakukan penertiban galian C di Kendal yang semakin menjamur. Pasalnya, galian-galian itu dinilai rawan pelanggaran.

Dico mengatakan, begitu resmi dilantik sebagai Bupati Kendal ia akan melakukan pengecekan izin pertambangan galian golongan C.

Ia menduga, galian C di Kendal juga banyak yang ilegal. Oleh karenanya, ia akan memastikan ijin serta legalitas kelengkapannya.

“Ini penting, karena banyak pelaku pertambangan ilegal. Baik yang tidak mengantongi izin atau yang memiliki izin tapi masa berlakunya sudah habis,” katanya Dico, saat kunjungan ke PT Kends UPVC Kendal, Rabu (11/2/2021).

Pemda harus tegas!

Menurut Dico, pemerintah daerah harus bertindak tegas. Sebab yang tidak memiliki izin, ini, selain merusak juga merugikan negara.

“Karena tidak ada pajak masuk ke negara,” jelasnya.

Selain memastikan kepemilikan izin pertambangan, pihaknya juga akan mengecek satu per satu daerah pertambangan. 

Tujuannya untuk memastikan, dalam segi pelaksanaan pertambangan di lapangan. Lebih lanjut, ia mengungkapkan pertambangan yang benar memiliki tanggung jawab lingkungan.

Artinya, pelaku tambang harus melakukan penanaman pohon pada lokasi yang telah selesai ditambang. Hal ini penting untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi bencana.

“Salah satu penyebab terjadinya bencana banjir dan longsor di Kendal adalah karena pertambangan galian C dilakukan secara tidak benar”, ujarnya.

“Sehingga merusak alam dan menutup saluran drainase. Akibatnya, air hujan mengalir tidak sesuai alirannya dan mengakibatkan banjir”, pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button