Ekonomi & BisnisEnergi Muda

Rahasia Raup Omzet Hingga Rp 1 Miliar Seperti Amazara

ENERGIBANGSA.ID – Setiap pebisnis pasti memiliki obsesi dan objektif untuk meraup keuntungan dengan semaksimalnya dan pengeluaran seminimalnya.

Mengingat saat ini, ekonomi kreatif dan ekonomi digital tengah digencarkan dan digemari oleh masyarakat, maka para pebisnis pun harus adaptif.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Amazara, brand sepatu lokal karya anak bangsa. Dalam waktu singkat sejak pendiriannya pada tahun 2015 lalu, Amazara telah meraup omzet hingga Rp 1 miliar.

[Baca juga: Meski Gulung Tikar, Amazara Sempat Raup Omzet Hingga Rp 1 Miliar]

Jika Sobat Energi ingin tahu bangaimana kiat-kiat meraih omzet seperti yang dihasilkan Amazara, simak ulasan dari Energi Bangsa berikut ini.

Temukan rekanan bisnis

Ketika Sobat Energi telah memutuskan untuk mulai berbisnis suatu produk atau jasa, maka carilah rekanan bisnis yang tepat. Jika ingin berbisnis suatu produk, temukan rekanan atau channel supplier sebanyak-banyaknya lalu bandingkan, supplier mana yang lebih menguntungkan.

Lakukan analisis terkait ketersediaan bahan baku, biaya produksi, jarak dan biaya pengiriman, serta aspek lainnya agar mendapat margin yang kalian harapkan.

Lakukan R&D

Research and development (R&D) sangat penting dilakukan sebelum kalian meluncurkan produk atau jasa ke pasaran. R&D memiliki peranan untuk mengetahui minat dan preferensi pada suatu produk atau jasa.

“Dari sana kita bisa lihat customer lebih pengen yang mana. Produksi based on keinginan customer. Dari chat-chat yang masuk juga kita ambil,” kata Satria Ganeza selaku Head of Finance Amazara di Yogyakarta

Manfaatkan media sosial

Sebagai pebisnis yang cerdik melihat peluang, maka media sosial pun dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk meningkatkan penjualan. Sebagaimana diketahui, masyarakat sangat lekat dan selalu mengakses media sosial pada setiap saat.

Sehingga media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media untuk beriklan, memasang etalase atau katalog produk, bahkan sarana penjualan yang mudah diakses.

Bergabung dengan e-commerce

Di Indonesia, ada beragam e-commerce yang digemari oleh masyarakat dengan karakteristiknya masing-masing. Media ini banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan akses, jaminan keamanan, dan terdapat banyak promo.

[Baca juga: Blibli.com Siap Beri Modal 1,3 Miliar untuk Pelaku UMKM]

Sebagai pebisnis, hal ini bisa kalian manfaatkan sebagai ceruk untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan nilai penjualan.

Buat webcommerce sendiri

Selain bergabung dengan menjadi seller di berbagai platform e-commerce yang telah ada, Sobat Energi sebaiknya juga membuat webcommerce-nya sendiri.

Di mata konsumen, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan bahwa produk yang mereka beli adalah asli dan langsung dari produsen. Selain itu, penjualan yang dihasilkan dari webcommerce akan menghasilkan data-data pelanggan yang selanjutnya dapat dijadikan bahan analisis oleh tim R&D.

Lakukan ekspor

Setelah pasar dalam negeri dapat dikuasai, maka tidak ada salahnya mencoba memasuki pasar global. Cari tahu negara mana saja yang memiliki minat pada produk atau jasa yang kalian miliki. Dengan melakukan ekspor, tentutnya pundi-pundi rupiah akan semakin banyak didapat.

[Baca juga: HijUp, Brand Hijab Karya Anak Bangsa yang Mendunia]

Kemarin sudah mencari rekanan paling dekat waktunya buka store di Maldives, supaya bisa ekspor,” jelas Satria Ganeza.

Nah, jadi begitulah beberapa resep rahasia yang bisa Sobat Energi tiru jika ingin meraup omzet melimpah seperti Amazara. Mari kita kumpulkan cuan-cuan untuk masa depan yang semakin gemilang!

Related Articles

Back to top button