EssaiKolom

Ragam Skill Manajemen Marketing di Dunia Digital

oleh : Aulia Maharani A. *

ENERGIBANGA.ID – Seiring dengan berjalannya waktu karir didunia digital marketing sangatlah banyak dibutuhkan diberbagai sector industri, apalagi ditambah dengan banyaknya media social yang bermunculan.

Alasan terbesar mengapa digital marketing semakin diincar dan dicari adalah karena semakin berkembangnya berbagai platform dibidang digitalisasi seperti social media, e-commerce hingga fintach.

Linkedln memperlihatkan bahwa posisi Digital Marketing Spesialist menduduki 10 besar pekerjaan paling dicari dengan kurang lebih 860.000 lowongan yang dibuka untuk posisi ini.

Yang mereka cari tentu adalah orang-orang yang sudah berpengalaman didunia digital marketing termasuk social media, SEO, analisis data hingga konten strategic.

Digital marketing merupakan pekerjaan yang masih baru dan belum banyak orang yang memiliki skill tinggi untuk memenuhi kebutuhan digital marketing di berbagai sector industri.

Di tahun 2022 semakin banyak bisnis startup hingga UMKM yang membutuhkan peran orang-orang yang mampu membuat social media mereka menjadi hidup dan produk mereka dikenal oleh khalayak umum.

Ini dia keahlian yang banyak di cari di tahun 2022 

  • Email marketing

Kedengarannya tugas email marketing amatlah sangat mudah, hanya mengirim email ke orang0orang. Namun ternyata menjadi email marketing perlu memiliki keahlian untuk meningkatkan brand awareness dan menjalin relasi yang luas dengan banyak audiens. Dan tugas email marketer lah untuk menguji coba format kata-kata yang cocok dan mudah dipahami oleh audiens.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Ini dia peran penting agar ide  konten cepat didapatkan. Para SEO harus pandai mecari seluk beluk media social, analalis data, mesin pecaharian mobile , penilaian konten berkualitas  hingga analisis website guna meningkatkan traffic.

  • Copy Writing

Copy writing memiliki tugas  membuat konten seperti tagline , deskripsi produk, email, iklan hingga script pada video. Keahlian yang paling utama dicari tentu saja skill menulis, namun dengan bertambhnya kreatifitas dapat menambah nilai plus.

  • Content Writing

Mengapa banyak perusahaan yang membedakan antara content writing dengan copy writing padahal memiliki tugas yang tidak jauh berbeda ?

Pada dasarnya copy writing dan content writing adalah pekerjaan yang berbeda, Content Writing akan terfokus pada pemikiran konten yang panjang mengenai  apa yang akan memberikan informasi edukasi dan menghibur audiens yang nantinya audiens tersebut akan kembali lagi. Outputnya bisa berupa blog ataupun ebook

  • Social Media Marketing (SMM)

Tugas dari seorang marketers adalah memperkenalkan suatu brand melalui media social seperti Instagram, FB, Twitter hingga linkdln. Yang nantinya akan membangun campaign stategist, konten foto dan video yang sesuai dengan target market. Keahlian yang dibutuhkan Sosial media marketing ialah mampu membangun komunitas brand yang loyal , mampu meningkatkan brand awareness, memperbaki system public relation hingga mampu meningkatkan sales.

  • Advertising

Tugas dari seorang advertising adalah menyesuaikan suatu produk dengan audiens yang dicari, mereka para advertising akan bertanggung jawab untuk menentukan konten apa saja yang cocok dan sesuai dengan target maupun value pada brand tersebut.

*Aulia Maharani A. Mahasiswa Manajemen Universitas  Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button