fbpx
Ekonomi & Bisnis

Purworejo Punya ‘Masyarakat Bela-beli Indonesia’ Apa tuch?

PURWOREJO, energibangsa.id – Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purworejo didorong untuk terus berkembang.

Salah satunya melalui perkumpulan dan Gerakan “Masyarakat Bela-beli Indonesia”.

Ketua Koordinator Nasional (Kornas) Andi Wibawa, menyebut “Masyarakat Bela Beli Indonesia” adalah kelompok masyarakat yang memiliki semangat yang sama untuk membela pemberdayaan UMKM, yakni dengan rajin membeli produk bangsa sendiri.

“Tujuan kami agar UMKM agar semakin berdaya, dan dapat menaikkan, serta meningkatkan pasar. (Tujuan) yang kedua menaikkan produktivitas dari UMKM itu sendiri,” terang Andi.

Perjuangkan produk lokal

Dijelaskan, sebagai sebuah gerakan, Masyarakat Bela-beli Indonesia kerja sosial dengan konteks memperjuangkan produk-produk dari Purworejo untuk bisa dibeli dan dibela oleh seluruh komponen masyarakat Purworejo.

Selain itu, lanjutnya, seluruh pengusaha UMKM diupayakan dapat memiliki kecerdasan finansial, dan memiliki produk yang bisa bersaing.

Pihaknya juga berencana mengadakan berbagai pelatihan, forum konsultasi hutang, serta konsultasi produk dan pemasarannya. Dengan begitu, para pelaku UMKM bisa naik kelas.

“Kami ingin mewujudkan agar Purworejo menjadi model digital marketing atau bentuk ekosistem digital yang segera harus dibangun, “ tegasnya.

“Harapannya masyarakat Purworejo dan komunitasnya bisa memiliki ekosistem sendiri,” imbuhnya.

Respon bupati

Bupati Agus Bastian menyambut usulan para pengusaha yang tergabung dalam Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Jawa Tengah, DIY dan Purworejo, terutama pembelian produk-produk lokal.

“(Upaya) yang kita hidupkan adalah Tresno Purworejo Larisi Purworejo karena sektor yang besar adalah pertanian. Kita sudah suruh ASN beli hasil pertanian Purworejo, “tutur Bupati Agus.

“Selama ini sudah berjalan baik. Tidak pernah kita beli produk luar, buah saja tidak beli buah impor,” ujarnya.

Menurutnya, pihak Pemkab Purworejo konsisten membela para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita sudah berupaya mendatangkan investor. Akses pembiayaan terus kita bantu. Ke depan harapannya kita bersama-sama dapat meningkatkan dan menyejahterakan UMKM kita,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button