fbpx
Religius

Puasa Senin-Kamis? Jangan Lupa Baca Niat dan Doa Ini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Siapa dari sobat energi yang hari ini menjalankan ibadah puasa senin dan kamis?. Kalo kalian sedang melaksanakannya maka bersyukurlah sobat energi.

Kenapa? Karena ternyata  puasa senin dan kamis itu memiliki keutamaan ibadah yang luar biasa lho..

Hal ini tertera dalam hadis dan sabda nabi. Seperti yang satu ini, dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud, sahabat Usamah bin Zaid pernah meriwayatkan keutamaan ibadah sunah puasa Senin dan puasa Kamis atau biasa yang kita kenal sebagai puasa Dawud.

Disebutkan bahwa amal-amal manusia diperlihatkan kepada Allah SWT pada hari Senin dan Kamis.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya amal-amal manusia diperlihatkan (kepada Allah SWT) pada hari Senin dan Kamis.” (Hadits Riwayat Abu Dawud)

Sementara disebutkan dalam hadits riwayat An Nasa’i dengan derajat hasan, Rasulullah SAW bersabda: “Itulah dua hari (Senin dan Kamis) yang diperlihatkan amal padanya kepada Rabb semesta alam. Maka aku ingin diperlihatkan amalku saat aku sedang berpuasa.”

Prof Wahbah Al Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu juz 2 menyebutkan bahwa puasa merupakan salah satu ibadah yang paling utama bagi umat islam selain mengerjakan shalat. Sebagaimana disebutkan dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berpuasa satu hari di jalan Allah, niscaya Allah akan menjauhkan dirinya dari nenraka sejauh jarak 70 tahun.”

Nah tim energibangsa.id menyempatkan untuk menuliskan kembali niat dan doa berbuka puasa senin kamis kepada sobat energi baik yang menjalankan maupun yang tidak untuk mengingatkan kita.

Dan berikut adalah niat dan doa berbuka puasanya :

Niat Puasa Kamis

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala

Doa Berbuka Puasa

 ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah

Jangan lupa membaca niat dan doanya ya sobat energi, semoga berkah!

Related Articles

Back to top button