fbpx
Nasional

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat HUT ke-22 untuk PAN

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat atas hari jadi ke-22 Partai Amanat Nasional melalui video yang diunggah melalui kanal youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu (23/8).

Presiden Jokowi
Foto Presiden Joko Widodo

Dalam kesempatan itu Presiden berbicara mengenai semangat reformasi yang relevan dalam kehidupan saat ini.

“Yang saya hormati Ketua Umum PAN saudaraku Bapak┬áZulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN saudaraku Bapak Soetrisno Bachir, Ketua Majelis Penasehat PAN saudaraku Bapak Hatta Rajasa, sekjen beserta pengurus dan kader PAN di seluruh tanah air,” ujar Presiden mengawali pernyataan dalam videonya.

Presiden mengatakan pertama-tama dirinya menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-22 kepada seluruh keluarga besar PAN.

Dia kemudian mengatakan bahwa 22 tahun lalu, bangsa Indonesia memulai sebuah langkah extraordinary atau luar biasa yang disebut reformasi.

“Langkah itu kita sebut reformasi, sebuah langkah bersama dan langkah kesepakatan bersama melakukan perubahan besar-besaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Presiden.

Dia menyampaikan semangat reformasi tersebut sangat relevan dalam kehidupan saat ini. Yakni dalam menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Kita harus memperkuat reformasi, melakukan langkah-langkah extraordinary, langkah-langkah perubahan fundamental, memanfaatkan momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan,” jelas Presiden.

Presiden menyampaikan reformasi sekarang ini tidak mudah karena sudah terlalu banyak orang yang menikmati situasi yang enak dan nyaman.

Menurutnya, terlalu banyak orang yang sudah lama menikmati zona nyaman, baik secara ekonomi maupun status. Sehingga merasa terusik ketika dilakukan perubahan-perubahan.

Oleh sebab itu, kata Presiden, ruang kompetisi harus dibuka, ruang persaingan yang sehat harus diberi peluang untuk semua bidang.

“Kita jangan takut dengan kompetisi dan jangan takut bersaing,” kata Presiden.

Oleh sebab itu, kata Presiden, bangsa Indonesia harus mengambil peluang, momentum krisis. Untuk melakukan lompatan dan mengejar ketertinggalan, di saat banyak negara maju mengalami kemunduran.

Serta kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental dan mengeksekusi strategi-strategi besar negara.

Presiden percaya PAN sejalan dengan semangat reformasi dan semangat pemerintah yang sedang dijalankan.

“Kita harus bergerak serentak, mendobrak semua tantangan dan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary, untuk melakukan lompatan kemajuan menuju Indonesia maju yang kita cita-citakan,” jelas Presiden.

“Sekali lagi selamat hari jadi yang ke-22 Partai Amanat Nasional. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat, berkah dan kesuksesan, dan ridho-Nya kepada kita semua,” tutup Presiden.(antara).

Related Articles

Back to top button