Kabar IndonesiaNasional

Presiden Jokowi Gelar Sayembara Nama Ibu Kota Baru, Cepat Daftar!

ENERGIBANGSA.ID – Sehubungan dengan pemindahan ibu kota negara, Presiden RI Joko Widodo menegaskan bahwa tidak akan sepihak dalam memberikan nama. Untuk itu, diadakanlah sayembara nama ibu kota baru.

“Supaya terbuka, ada sisi kompetitifnya, dan yang penting semuanya bisa melihat,” terang Presiden kepada sejumlah pimpinan redaksi di Istana Merdeka, Selasa (3/9/2019).

Sayembara nama ibu kota baru yang teletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penanjam Paser Utara ini belum bisa dikonfirmasi kapan pelaksanaannya.

“Nanti tunggu semuanya siap.” Imbuh Jokowi.

[Baca juga: Sah! Penajam Utara dan Kutai Kartanegara Jadi Ibu Kota Baru Indonesia]

Seperti diberitakan sebelumnya oleh Energi Bangsa, penetapan lokasi ini didasarkan pada kajian komprehensif yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) selama sekitar tiga tahun terakhir.

Selain sayembara nama ibu kota, nantinya juga akan diadakan sayembara untuk desain Istana Kepresidenan.

Pemindahan ibu kota rencananya dilakukan secara bertahap mulai awal tahun 2024. Pembangunan tahap pertama ini akan membuka sekitar 4000 hektar dari 40 ribu hektar lahan yang dipersiapkan. Bangunan pertama yang akan dibangun adalah istana presiden dan masjid.

[Baca juga: Terpilih Jadi Ibu Kota Baru, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kaltim]

Dari diadakannya sayembara nama ibu kota ini, ada yang menarik nih Sobat Energi. Sebelum sayembara nama ibu kota baru tersiar, ternyata sudah banyak warganet yang bercuit perihal nama-nama ibukota baru dengan gaya plesetan khas negara berkembang ini.

RINO WENGI TANSAH KELINGAN, PRAWAN AYU KALIMANTAN
tulis salah seorang akun instagram @amorphophallu. Nama tersebut diusulkan sebagai nama ibu kota baru pada postingan akun instagram @jakarta.keras.

Ada juga yang yang menuliskan padanan kata dari JABODETABEK.
“Ibukota Jakarta sekarang ini dekililingi Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sehingga kota-kota itu disingkat JABODETABEK. Kalau ibukota pindah ke Kaltim dan dikelilingi Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Penanjam dan sekitarnya bisa disingkat SAMBALTERONGPEDAS,” tulis akun @imranmf.

Beberapa nama usulan unik juga ditulis oleh salah satu akun @diandrina
“Daerah Istimewa Pusat Pemerintahan Negara Republik Indonesia = Dewa Satria.”

Ada juga warganet yang menyarakan nama “Forest Destroyer Capital City” sebagai bentuk kekecewaan kerusakan lingkungan yang terjadi akibat pemindahan ibu kota ini.

Gimana Sobat Energi? Ada usulan nama untuk ibu kota baru?

  • Artikel ditulis oleh Siti Nurhayati, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.

Related Articles

Back to top button