fbpx
Nasional

Bukannya Mengamini Ucapan Amien, Orang-orang Ini Justru Tepis Jabatan Jokowi 3 Periode

SEMARANG, energibangsa.id—Wacana masa jabatan presiden diperpanjang menjadi 3 periode dilontarkan Amien Rais.

detikcom, Senin (15/3/2021), seperti dilansir energibangsa menulis Amien melontarkan dugaan itu melalui video yang diunggah di akun YouTube: Amien Rais Official.

Bukannya mengamini ucapan Amien, partai-partai ini justru menepis isu yang dilontarkan eks politisi Partai PAN itu.

Daftar politisi yang tepis dugaan Amien

1. Fraksi PKB

Wakil Ketua MPR Fraksi PKB Jazilul Fawaid menegaskan belum ada yang mengusulkan secara resmi wacana tersebut.

Menurutnya, melakukan amandemen bukan hal yang mudah.

“Secara resmi belum ada yang mengusulkan ke MPR RI. Masih sebatas wacana di publik,” kata Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid, Minggu (14/3/2021).

2.Fraksi PPP

Wakil Ketua MPR fraksi PPP Arsul Sani juga menegaskan belum ada pembahasan presiden 3 periode di lingkup internal MPR.

Arsul bahkan mengaku tertawa mendengar isu liar tersebut.

“Kami yang di MPR tertawa membaca berita yang memuat dugaan atau kecurigaan Pak AR terkait amandemen UUD NKRI Tahun 1945 untuk mengubah pasal masa jabatan presiden sehingga bisa sampai 3 periode”.

“Kenapa tertawa? Kami melihatnya itu political joke atau mob dari Pak AR saja,” kata Arsul, kepada wartawan, Minggu (14/3/2021).

Arsul menegaskan MPR kini dengan mengkaji lebih lanjut terkait Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Tidak ada sama sekali membahas presiden 3 periode.

3. Fraksi PDIP

Wakil Ketua MPR fraksi PDIP Ahmad Basarah. Dia mengatakan jabatan presiden 2 periode sudah cukup ideal. Jadi tidak perlu lagi diubah.

“Bagi PDIP, masa jabatan presiden 2 periode seperti yang saat ini berlaku sudah cukup ideal dan tidak perlu diubah lagi”.

“Hanya saja, perlu kepastian akan kesinambungan pembangunan nasional dalam setiap pergantian kepemimpinan nasional”.

“Sehingga tidak ganti presiden ganti visi-misi dan program pembangunannya. Pola pembangunan nasional seperti itu ibarat tari ‘Poco-poco’ alias jalan di tempat,” ujarnya.

4. Kantor Staf Presiden (KSP)

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan perihal isu masa jabatan presiden tiga periode itu sudah pernah dibantah oleh Jokowi.

Ngabalin merasa heran mengapa Amien Rais tidak mengetahui hal itu.

“Yang saya mau tekankan begini, apakah Pak Amien Rais itu karena sudah uzur. Sehingga tidak pernah mendengar pernyataan resmi dari presiden, kan presiden itu pernah menyebutkan”.

“Meskipun Pak Jokowi tidak mau menyebutkan siapa orangnya, tapi presiden tahu bahwa da orang ingin mencari muka yang beliau menganggap ingin menjerumuskan presiden,” kata Ngabalin.

5.Jubir Partai PAN

Waketum yang juga juru bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyebut bahwa PAN mendukung pernyataan sikap Presiden Jokowi.

Presiden telah mengungkapkan setahun lalu, untuk menolak amandemen UUD 1945 untuk masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Sikap presiden sudah jelas, terang, konstitusional, dan terekam oleh publik.

Yoga menilai siapa pun pihak yang melontarkan bahwa Jokowi menginginkan masa jabatan presiden 3 periode itu berarti memanipulasi fakta.

Viva mengatakan hal itu bisa merusak karakter.

about:blank about:blank “Jika ada komentar dari siapa pun bahwa Pak Jokowi menginginkan masa jabatan presiden tiga periode”.

“Maka kemungkinan ia bukan saja melakukan framing media yang berkonotasi negatif, tetapi sudah menjurus ke character assassination, perusakan karakter”.

“Yaitu melakukan manipulasi fakta, mencoreng citra, dan membalikkan realitas,” ujarnya, Senin (15/3/2021). (dd)

Related Articles

Back to top button