Kabar Indonesia

Premium dan Pertalite Mau Ditarik? Bersyukurlah

ENERGIBANGSA.ID – PT Pertamina dikabarkan akan segera menghapus beberapa jenis bahan bakar minyak, Premium, Pertalite, dan Solar, dari daftar jual produknya. Hal ini berkaitan dengan pertimbangan bahwa produk tersebut tidak ramah lingkungan.

Karena banyak timbul polemik terkait hal itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pun angkat bicara demi meluruskannya, dengan berpegangan pada aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 tahun 2017, mengenai pembatasan Research Octane Number (RON).

“Di mana aturan tersebut membahas soal batas oktan yang aman dipakai kendaraan,” kata Nicke dalam telekonferensi bertajuk ‘Memacu Kerja Pertamina’, dikutip Rabu 17 Juni 2020 dari vivanews

“Jadi ada regulasi KLHK yang menetapkan bahwa untuk menjaga polusi udara, ada batasan di RON berapa dan di kadar emisi berapa. Jadi nanti kita prioritaskan produk yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Aturan Kementerian LHK No. 20/2017 itu memuat ketentuan BBM yang boleh digunakan pada kendaraan, minimal harus mencapai RON 91 berkandungan sulfur maksimal 50 ppm serta ambang batas cetane number minimal 51. Regulasi ini berkenaan dengan aturan standar Euro IV, yang juga sudah diberlakukan di banyak negara lainnya.

Sobat energi harusnya bersyukur karena dengan ditariknya BBM yang tidak ramah lingkungan artinya lingkungan berkendara kita menjadi lebih aman karena berkurangnya polusi udara, dan juga bahan bakar yang dijual juga lebih berkualitas sehingga bisa menjaga performa kendaraan Anda.

Related Articles

Back to top button