Kabar Indonesia

Pramugara Maskapai Lion Air Layani Lansia, Netizen Pertanyakan SOP Kru Kabin

ENERGIBANGSA.ID – Dalam sebuah maskapai tentu memiliki SOP yang wajib dilaksanakan oleh semua awak kabin. Salah satu tugas awak kabin adalah membantu dan menjaga seluruh penumpang.

Baru-baru ini netizen sempat dihebohkan oleh sebuah video seorang pramugara yang tertangkap kamera tengah menyuapi seorang nenek. Diketahui bahwa pramugara tersebut merupakan pramugara maskapai Lion Air.

Berdasarkan keterangan dari Corporate Communication Srategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro pria yang terekam dalam video tersebut adalah Donny Prima Yuszela yang merupakan Senior Flight Attendant (SFA).

Hebohnya video tersebut tak khayal menuai banyak pujian dan kekaguman dari netizen Indonesia. Banyak pula yang mulai bertanya soal SOP seorang kru kabin dalam penerbangan. Berkaitan dengan hal tersebut, dilansir dari kompas.com Danang Mandala menjelaskan bahwa : “Awak kabin berkewajiban dalam membantu dan menjaga seluruh penumpang. Oleh karena itu, wajib mengetahui dan mengenali perilaku awal (profiling) secara cepat setiap penumpang. Dengan latar belakang penumpang yang beragam, awak kabin tetap membantu dengan tulus,”

Selain itu, terungkap bahwa Donny melakukan hal tersebut setelah dirinya mengetahui ada seorang penumpang berusia 117 tahun yang tidak bersedia mengenakan sabuk pengaman saat mulai duduk. Sebagai awak kabin yang juga memiliki andil dalam persiapan sebelum penerbangan (pre-flight briefing) yang di dalamnya termasuk pemeriksaan peralatan keamanan. Donny pun mencoba melakukan pendekatan kepada penumpang tersebut dengan bersikap sopan dan ramah.

Senada dengan hal tersebut, Danang menyampaikan, seorang awak kabin harus mematuhi aturan ketat yang diberlakukan serta harus sudah terlatih dalam membantu penumpang sebagai petugas bagian keselamatan penerbangan (safety officer).

“Sikap dan sifat penuh kepedulian sebagai rasa sosial yang tinggi juga diterapkan. Dengan demikian harus pandai berteman dengan cepat, mengucapkan hal positif serta tetap mengedepankan aspek keramah-tamahan dan kesopan-santunan,” jelas Danang.

Related Articles

Back to top button