fbpx
Ragam Bangsa

Prakiraan Cuaca Pelayaran Perairan Utara dan Selatan Jawa Tengah 30 Oktober 2020

energibangsa.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan-sedang merata di Perairan Utara dan Selatan Jawa Tengah hari ini, Jumat (30/10).

Dari data BMKG Kantor Meteorologi Maritim Tanjung Emas untuk cuaca Jateng mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB, menyebutkan hujan ringan alan terjadi di perairan Jawa Tengah dengan prediksi gelombang air laut yang rendah.

Wilayah perairan yang tergabung dalam pemantauan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, diantaranya Laut jawa bagian tengah, Semarang, Demak, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kepulauan Karimun Jawa, Pati, Rembang, Jepara, dan Kalimantan Tengah bagian barat.

Hujan ringan hingga sedang

Sementara itu,  BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap menyebut perairan dari Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY memiliki potensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Rendi Krisnawan menyebut, angin akan bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 3-20 knot.

Ia menambahkan Gelombang laut diperkiralan mencapai ketinggian 1.5-5.0 meter.

“Gelombang laut masuk dalam kategori sangat tinggi.  Gelombang maksimum dapat mencapai  dua kali tinggi gelombang yang tertera diatas,” jelasnya.

Berikut daerah yang diprakirakan hujan sekitar pukul 07.00 sampai 19.00 WIB hari ini:

Hujan ringan: Laut jawa bagian tengah, Semarang, Demak, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kepulauan Karimun Jawa, Pati, Rembang, Jepara

Hujan ringan-sedang: Cilacap, Kebumen, Purworejo (Sasa/EB)

Related Articles

Back to top button