fbpx
Ragam Bangsa

Planet Mars Dekati Bumi, Bisa Disaksikan Langsung Tanpa Teleskop

SEMARANG, energibangsa.id – Hari ini, Selasa (6/10), Planet Mars akan berada sangat dekat dengan bumi. Pada titik terdekatnya, jarak Mars dengan bumi hanya sekitar 38,57 juta mil atau 62,07 juta kilometer.

Dikutip dari CNN Indonesia, terakhir kali Mars berjarak sangat dekat dengan bumi terjadi tahun 2003 dengan jarak 34,65 juta mil atau 55,76 juta km. Sehingga fenomena ini akan berulang diprediksi 15 tahun silam, di September 2035.

Fenomena langit dimana Mars berada sangat dekat dengan bumi dapat disaksikan tanpa bantuan teleskop. Biasanya Mars yang berwarna merah dapat dilihat pada malam hari di sebelah timur dan barat sebelum matahari terbit. Planet merah ini akan tampak cerah dan besar dengan sedikit bintang di langit selatan dan akan mencapai titik puncaknya sekitar tengah malam.

Mars dan Bumi memiliki orbit berbentuk sedikit elips, yang artinya keduanya akan sangat dekat satu sama lain, namun tidak akan bertabrakan. Pertemuan terdekat yang mungkin terjadi adalah ketika Bumi berada paling jauh dari Matahari (aphelion) dan Mars paling dekat dengan Matahari (perihelion). Pada titik ini, jarak keduanya paling sedikit sekitar 54,6 juta km. Konfigurasi ini disebut dengan oposisi, dan terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Di ujung lain skala dari oposisi adalah konjungsi, yakni ketika Mars dan Bumi berada pada jarak terjauh dari satu sama lain.

Jarak kedua planet ini bisa mencapai jarak 401 juta km satu sama lain. Ini terjadi ketika Bumi dan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari dan keduanya berada di aphelion mereka. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button