fbpx
Daerah

Pilkada Kabupaten Pekalongan: Anak Pendangdut vs Petahana, Siapa Menang?

ENERGIBANGSA.ID (Pekalongan) — Putri legenda Pedangdut Indonesia, A Arafiq, Laila Faida Elfouz Rafiq akan mencoba bersaing melawan Asip Kholbihi. Bupati petahana  di Pilkada Pekalongan 2020.

Untuk melawan Faida, diketahui, Asip menggadeng Sumarwati, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan yang telah pensiun dini pada September 2020.

Lalu bagaimana peta politiknya?

Asip dan Sumarwati diusung empat parpol yakni PKB, PPP, Gerindra, dan NasDem. Meskipun diusung empat parpol, keduanya teleh mengantongi lebih dari separuh kursi di parlemen dengan jumlah 25 kursi.

Asip Kholbihi
Bupati Petahan Kabupaten Pekalogan, Asip Kholbihi (sumber: Kompasiana.com)

 Adapun dari total 45 kursi di DPRD Pekalongan, PKB memiliki 15 kursi, PPP 5 kursi, Gerindra 5 kursi, dan NasDem yang nonkursi.

Rencananya, pasangan ini akan mendaftar pada hari kedua pendaftaran Pilkada, Sabtu (5/9) besok. “Pendaftaran (Pilkada) akan dimulai hari Sabtu setelah salat Asar,” kata Asip saat menghadiri konsolidasi partai pengusung di Karanganyar, Pekalongan, Kamis (3/9).

“Hari ini kita memantapkan partai-partai pengusung. Di parlemen ada 25 kursi ditambah NasDem, sehingga dengan demikian sudah mayoritas. Kekuatan politik ini menjadi penopang utama untuk kemenangan di depan mata,” imbuh nya.

Dengan optimis Asip menyatakan pihaknya akan memenangkan 75 persen pada pada tanggal 9 Desember nanti. Karena representasi kekuatan politik di parlemen juga sudah 25 persen dan dukungan dari kelompok masyarakat.

Bisri Romli, Ketua DPC PKB Pekalongan, di tempat yang sama mengaku senang dengan bergabungnya PPP, Gerindra, dan NasDem di Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020. Dia yakin mesin pemenangan Asip makin panas.

“Karena semua partai tanpa mahar, ada kontrak politik, di tahun 2024 semua partai pendukung harus tambah kursi, karena memang partai belum bisa dibantu secara maksimal. Sehingga sekarang akan dimaksimalkan melalui kontrak politik,” jelas Basri sebagaimana dikutip dari detik.com.

Sementara itu, lawan Asip di Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020. Laila Fadia Elfouz Rafiq-Riswadi berdasarkan informasi didapat tim energibangsa.id, diusung oleh 3 partai yakni PDIP, Golkar, dan PAN.

Laila Faida Elfouz Rafiq
Laila Faida Elfouz Rafiq, putri Pedangdut Indonesia, A Arafiq sekaligus Ketua DPC Golkar Pekalongan. (sumber: twitter)

Dari dukungan tersebut, kedua paslon ini mengantongi 19 kursi dimana PDIP memiliki  11 kursi, Golkar 4 kursi, dan PAN 4 kursi.

Fadia sendiri selain anak dari legenda dangdut Indonesia, A Arafiq, juga merupakan Ketua DPC Golkar Pekalongan. Sedangkan pasangannya Riswadi merupakan Ketua DPC PDIP Pekalongan.

“Kita optimis karena kader PAN akan all out dan pengurus DPP juga akan ikut turun,” ujar Fadia usai menerima dukungan dari PAN Kabupaten Pekalongan, Rabu (2/9) lalu. (Annisaa/EB/Detik)

Related Articles

Back to top button