fbpx
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaNasional

Petani Pisang, Silahkan Ekspor Pisangmu ke Dua Negara Ini

ENERGIBANGSA.ID – Siapa di anatra kita yang tidak tahu pisang? buah ini tidak mengenal musim, tidak mengenal daerah, ia akan terus tumbuh subur di Indonesia. Meski di beberapa daerah tertentu memiliki spesialisasi pisang masing-masing.

Banyak petani pisang di Indonesia yang hanya berhenti di pasar tradisional, bahkan kadang-kadang terbuang, tersisa hanya untuk dijadikan pakan ternak.

Kabar baiknya, Jepang dan Malaysia kini menjadi dua negara yang menaruh perhatian lebih pada pisang Indonesia. Di sana pisang Indonesia digunakan untuk kebutuhan konsumsi dan industri.

Dilansir dari Iiputan6.com Kementerian pertanian telah menyiapkan ekspor sekitar 18 ton pisang tanduk dan 9,8 ton pisang kepok di kawasan Puspa Agro Sidoarjo Jawa timur.

Andi Nurhadi selaku direktur CV Bintang Perkasa di Sidoarjo mengatakan bahwa permintaan pisang dari Malaysia sangat tinggi. Permintaan tersebut menyentuh angka 15 kontainer atau 300 ton dalam seminggu.

Namun sayangnya pihaknya hanya memenuhi 1 sampai 2 kontainer dalam seminggu, karena negara tersebut membutuhkan tingkat kematangan sekitar 80%.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Musyafak Fauzi menyebutkan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendukung penuh ekspor pisang tersebut.

Kebetulan Jawa timur dianggap sebagai salah satu sentra produksi pisang, karenanya mereka akan membantu para petani untuk mendapatkan bibit pisang yang sesuai permintaan pasar.

Sumber tim energibangsa.id menyebutkan bahwa pisang asal Jawa timur digunakan untuk keperluan industri seperti bahan baku pembuatan keripik pisang.

Hal ini menjadi budaya Malaysia ketika musim haji atau idul Adha datang. Permintaan keripik pisang dengan rasa gurih atau asin di Malaysia sangatlah tinggi. So, apakah kalian mau ekspor bahan produksi atau keripik pisangmu?

Related Articles

Back to top button