fbpx
Bincang-Bincang

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, Siapa Pemiliknya?

ENERGIBANGSA.ID—Dilansir dari Medcom.id, Sabtu (9/1/2021), PT Sriwijaya Air merupakan sebuah perusahaan swasta yang didirikan oleh empat orang. 

Mengutip laman resmi Sriwijaya Air, Sabtu, 9 Januari 2021, mereka adalah Chandra Lie, Hendry Lie, Johannes Bunjamin, dan Andy Halim. Mereka terjun ke dunia maskapai penerbangan sejak awal 2000-an.

Chandra Lie bahkan awalnya adalah seorang pengusaha garmen. Ia kemudian mengajak tiga anggota keluarga lainnya untuk berkecimpung di bisnis penerbangan.

Diketahui, beberapa tenaga ahli yang turut merintis pendirian Sriwijaya Air adalah Supardi, Capt Kusnadi, Capt Adil W, Capt Harwick L, Gabriella, dan Suwarsono.

Berawal dari 1 pesawat

Sriwijaya Air memulai bisnis dengan satu pesawat, yakni Boeing 737-200. Pada 10 November 2003, tepat saat hari Pahlawan, Sriwijaya Air mengudara untuk pertama kalinya.

Penerbangan perdana Sriwijaya Air saat itu dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang PP, Jakarta-Palembang PP, Jakarta-Jambi PP, dan Jakarta-Pontianak PP.

Kini, Sriwijaya Air memiliki 48 pesawat Boeing dengan melayani total 53 rute termasuk rute regional Medan-Penang PP dan rute internasional lainnya.

Dan salah satunya adalah pesawat dengan nomor SJ 182 hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Sabtu sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. (dd/ EB)

Related Articles

Back to top button