pertamax
Pertamax Atau Pertalite (foto: gojek.com)
advertorialNationNews

Pertamax Lebih Hemat Dibanding Pertalite dan Premium, Ini Buktinya

1

ENERGIBANGSA.ID – Salah satu pengeluaran penting bagi setiap pengguna kendaraan pribadi adalah pengeluaran transportasi. Dibanding biaya tol dan biaya parkir, bensin adalah pengeluaran wajib bagi pengguna kendaraan bermotor.

Apalagi bagi pengguna motor atau mobil secara rutin, jika tidak pandai berhitung, pengeluaran bisa bocor tak karuan. Sejak terbatasnya jumlah bensin tipe Premium di SPBU, atas dasar hemat dan opsi tarif murah, Pertalite biasanya sering menjadi pilihan utama. Tapi apakah benar jika Pertalite lebih hemat dibanding pertamax?

Dari sisi harga, Premium dan Pertalite memang lebih murah dibanding Pertamax, namun dari sisi efisiensi penggunaan bahan bakar dan efektifitas kinerja jauh lebih hemat Pertamax.

Sebagaimana dilansir tim energibangsa.id dari detikOto pernah menguji konsumsi BBM Premium dan Pertamax menggunakan motor Vespa. Rute pengujian dilakukan dengan perjalanan motor di Jakarta sejauh 30 km.

Bagaimana hasilnya? saat menggunakan Pertamax, motor mampu mencatat angka konsumsi BBM sebesar 1 liter untuk 34,36 km. Sedangkan uji coba 1 liter Premium dengan menggunakan motor dan rute yang sama, hanya bisa menjangkau 30,6 km saja.

Nah, di sini sudah jelas, bahwa penggunaan kendaraan motor dengan konsumsi Pertamax lebih irit ketimbang menggunakan bahan bakar jenis Premium.

Di atas adalah hasil uji coba perbandingan konsumsi Pertamax dengan Premium dengan motor, lalu bagaimana dengan uji coba dengan mobil?

Masih dari hasil pantauan tim energibangsa.id dari otodetik yang membawa mobil dengan rute yang sama sejauh sekitar 40-50 km dengan kondisi kemacetan jalanan di Jakarta seperti biasanya.

Dengan kecepatan maksimal sekitar 60 km per jam dan beberapa kali menemui kemacetan. Jadi mode stop and go sering kali dilakukan.

Hasilnya? kendaraan mobil dengan penggunaan BBM premium mencapai 7,76 km per liter. Sementara ketika menggunakan Pertamax mencapai 9,65 km per liter. Nah, artinya ada efisiensi sekitar 24,4 persen.

Jika BBM jenis Premium, Pertalite, dan Pertamax dibandingkan semuanya, manakah yang lebih hemat?

Seorang pecinta otomotif, Kusnanto di laman blognya telah melakukan uji coba 1 liter berbagai jenis tipe BBM dengan rute dan jarak yang sama dan menghasilkan kesimpulan, bahawa 1 liter Premium untuk jarak 52,24 km, 1 liter Pertalite untuk jarak 52,60 km, dan 1 liter Pertamax untuk 54,04 km

Yusworo Setyo Winoto, guru Teknik Sepeda Motor di SMKN 3 Bondowoso dan juga Asisten Ahli di Universitas Gajayana juga mengimani bahwa konsumsi Pertamax jauh lebih hemat dan membuat daya pacu mesin jadi lebih bagus.

Ia menjelaskan bahwa berbicara hemat dan tidak untuk penggunaan pertamax harus dilihat secara keseluruhan dan bukan sekadar membandingkan konsumsi BBM dengan premium habis berapa dan pertamax habis berapa.

Sebagaimana dilansir kompas.com, Lulusan Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ini, yang pertama harus dilihat adalah kesesuaian kompresi atau tekanan sepeda motor.

pertamina
SPBU 44.507.16 Pasti Pas!

Untuk motor dengan kompresi 9:1, cukup menggunakan premium. Sementara motor dengan kompresi 9,2:1 “harus” menggunakan pertamax dan untuk kompresi 9,5:1 pertamax plus.

“Semua kendaraan keluaran terbaru, apalagi yang injeksi, bukan karburator, kompresinya bisa dipastikan sudah di atas 9,2:1. Jadi, seharusnya menggunakan pertamax,” katanya dikutip Kompas.com

Harus diketahui bahwa BBM jenis Premium itu lebih mudah terbakar dibandingkan Pertamax. Sebelum aliran premium sampai di busi, sudah terbakar sehingga tidak terjadi pembakaran secara sempurna atau masih bersisa.

“Akibatnya, kalau kendaraan yang biasa menggunakan premium harus sering diservis karena blok atau silindernya lebih cepat kotor. Maka, kendaraan dengan konsumsi pertamax, lebih lama masa servisnya karena lebih bersih. Pemakaian suku cadangnya tentu lebih awet. Barangkali hitungan secara menyeluruh seperti ini yang kemudian pertamax dianggap lebih hemat,” katanya.

Lebih Bertenaga dengan Pertamax

Selain dari sisi konsumsi lebih hemat, dari sisi performa pun BBM jenis Pertamax lebih bertenaga dibanding Premium. Toyota Yaris dengan bahan bakar Pertamax mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya sampai 106,1 bhp pada 6.000 rpm. Sementara mobil Yaris dengan menggunakan Premium hanya mampu menghasilkan tenaga hingga 102,5 bhp saja.

Begitu pula dengan torsi. Ketika menggunakan BBM Pertamax, torsi mobil yang berhasil dikeluarkan mencapai 136,6 Nm pada 4.500 RPM sedangkan Premium hanya sanggup mengeluarkan torsi sampai 133,3 Nm di rpm yang sama.

Jadi, yakin sobat energi nggak mau beralih ke Pertamax ? Yuk, jadi energi bangsa dengan pilih bahan bakar yang efisien, efektif, lebih bertenaga, dan ramah lingkungan.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Pertalite Vs Pertamax, Mana Yang Paling Unggul?

Previous article

Tak Boleh Pakai Premium, Kemenperin Wajibkan Mobil Murah Pakai Pertamax

Next article

You may also like

1 Comment

  1. […] Kita memang tidak dapat menghentikan penggunaan kendaraan bermotor. Akan tetapi, kita dapat mulai mengurangi pencemaran udara dengan beralih menggunakan Pertamax. Lebih hemat, lebih bertenaga, dan lebih ramah lingkungan. […]

Comments are closed.

More in advertorial