Kabar IndonesiaNasional

Pertamax Gan, Inilah Jenis-jenis Pertamax yang Direkomendasikan

ENERGIBANGSA.IDPertamax Gan. Bagi pengguna media sosial tentunya tak akan lupa dengan kalimat tersebut. Sekitar tahun 2005 an kalimat ini cukup menggema dan melejit di dunia maya.

Banyak pengguna media sosial menggunakan kalimat tersebut sebagai ucapan terutama pengguna situs forum online terbesar di Indonesia, Kaskus.

Di situs tersebut, para pengguna acapkali mengucapkan kalimat Pertamax Gan disetiap komentar dari postingan yang dituliskan seseorang.

Setiap seseorang menuliskan sebuah posting atau memposting tulisan, para pengguna lain berebut mengucapkan atau menuliskan kalimat Pertamax Gan di kolom komentar mereka untuk menjadi yang pertama. Terlebih jika postingan tersebut menarik dan memiliki nilai jual.

Namun apa yang dilakukan para pengguna kaskus yang menuliskan kaliamat tersebut diartikan sedeng menjual dan menawarkan bensin kepada sesama pengguna situs tersebut ya.

Atau mereka yang menuliskan kalimat tersebut merupakan agen penjual bensin eceran yang dijual secara online.

Sebab hal ini sangat lah berbeda. Pertamax Gan bukanlah salah satu produk bahan bakar minyak atau bensin yang diproduksi dan didistribusikan oleh Pertamina selaku pemegang lisensi satu-satunya atas minyak dan gas negara.

Meskipun sekilas Pertamax Gan mirip dengan Pertamax akan tetapi hal itu bukan merujuk pada pertamax ataupun termasuk dalam pertamax series.

Pertamax sendiri merupakan bahan bakar minyak(bbm) yang diproduksi oleh Pertamina dengan  mengandung oktan 92 yang berstandar Internasional untuk kendaraan bermotor.

Formula BBM ini terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi, sehingga mampu menghasilkan kinerja mesin kendaraan yang lebih baik dan bertenaga dengan tetap rendah emisi serta hemat konsumsi BBM.

Selain itu Pertamax tidak menggunakan dan atau mengandung timbal serta metal  yang sering digunakan pada BBM yang diproduksi Pertamina untuk meningkatkan nilai oktan.

Hal ini yang membuat BBM berwarna biru itu menjadi ramah lingkungan serta dapat memperpanjang usia mesin kendaraan ketimbang yang lainnya.

Bahkan Pertamax juga dilengkapi zat adiktif generasi 5 yang bersifat detergency, sehingga memastikan injector bahan bakar, karburator, inlet valve dan ruang bakar tetap bersih.

Maka tak heran bagi masyarakat yang memahami dan sadar terhadap mesin lantas lebih memilih menggunakan pertamax untuk motor yang mereka tunggangi.

Pertamax ternyata bukan produk satu-satunya loh yang dibuat Pertamina  dengan kehebatan dan keunggulan yang dimilikinya dalam satu versi.

Sebagaimana dilansir tim energibangsa.id dari laman pertamina.com, Perusahaan itu dalam produksi dan penjualan bahan bakar bermesin bensin mencoba mengembangkan BBM ini menjadi berbagai versi dengan kategori yang berbeda-beda

Pengembangan itu menyatu sekaligus masuk kedalam satu golongan yaitu pertamax series. Setidaknya terdapat 3 produk yang merupakan bagian dari pertamax series yang juga memiliki kehebatan dan keunggulan tak kalah dengan pertamax.

Untuk mengatahui lebih lanjut tim energibangsa.id akan mengulas jenis-jenis pertamax yang masuk dalam pertamax series beserta kehebatan dan keunggulannya

Berikut adalah ulasan jenis-jenis pertamax dalam pertamax series yang di rangkum dari beberapa sumber :

  1. Pertamax Turbo

Bisa dikatakan Pertamax Turbo merupakan bahan bakar minyak terbaik untuk pasar Indonesia saat ini.

Menggantikan Pertamax Plus, BBM ini diformulasikan dengan Ignition Boost Formula yang berguna untuk meningkatkan driveability atau kelincahan kendaraan saat bermanuver, membuat mesin lebih responsif pada pembakaran mesin dan performa kendaraan menjadi sempurna.

Pertamax Turbo memiliki kadar oktan sebesar 98 yang menjadikan BBM ini mampu menyempurnakan sistem pembakaran bahan bakar yang berakibat terhadap efisensi bahan bakar, sehingga motor ataupun mobil bisa lebih irit.

Pertamax Turbo memiliki kadar sulfur rendah serta sudah memenuhi standar Euro 4, sehingga lebih ramah lingkungan.

Menurut penelitian yang ada Pertamax Turbo diklaim mampu meningkatkan akselerasi dan kecepatan kendaraan.

Pertamax Turbo disesuaikan untuk mesin berteknologi terbaru dengan minimum kompresi rasio 12:1 atau kendaraan dengan mesin supercharger atau turbocharger.

Untuk mendapatkan kesempurnaan performa, direkomendasikan mengisi Pertamax Turbo setelah mengosongkan bensin yang dipakai sebelumnya.

2. Pertamax Plus

Pertamax Plus sendiri merupakan  bahan bakar yang dikonsep dengan nilai oktan 95 untuk memenuhi standar performa Internasional Worldwide Fuel Charter (IWWFC) dan standar emisi Euro II.

Si merah ini dirancang untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi antara 10,1 hingga 11,1 serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI, teknologi mesin yang dimiliki oleh Toyota), turbochargers, dan catalytic converters.

Tak jauh berbeda dengan Pertamax, Pertamax Plus dilengkapi formula aditif generasi 5 yang memiliki tiga fungsi yaitu demulsifier((menghindari kandungan air pada BBM), detergency(membersihkan deposit sulfur dalam mesin) dan corrotion inhibitor (mencegah karat pada mesin).

BBM ini juga didesain dengan Ecosave Technology yang mampu menjaga kemurnian bahan bakar, mencegah karat dan membersihkan mesin kendaraan.

Efeknya bisa dirasakan sendiri ketika mengemudi. Kendaraan jadi lebih bertenaga, responsif dan hemat konsumsi bahan bakar. Tidak hanya itu, Emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan juga berkurang.

Manfaat jangka panjang yang bisa kita rasakan berkat Ecosave Technology dalam Pertamax Plus adalah keawetan mesin.

Kita bisa berhemat biaya maintenance karena kendaraan tidak perlu bolak balik masuk bengkel dan masa hidup kendaraan juga lebih panjang.

Namun sayangnya Pertamax Plus saat ini sudah tidak ada lagi di pasaran. Kini peran BBM berwarna merah ini telah digantikan dengan kehadiran Pertamax Turbo yang diklaim sudah sesuai dengan standar Internasional atau setara dengan EURO 4.

3. Pertamax Racing

Banyak orang di Indonesia beranggapan bahwa jenis bahan bakar tertinggi hanya dimiliki oleh Pertamax Plus atau sekarang lebih dikenal sebagai Pertamax Turbo yang memiliki Oktan diatas 95.

Namun bila ditengok lebih dalam lagi ternyata Pertamina mempunyai bahan bakar yang lebih tinggi dari Pertamax Turbo yaitu Pertamax Racing.

BBM ini memiliki oktan 100 yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan balap dan kendaraan yang memiliki kompresi mesin lebih tinggi dari 10;1.

Pertamax Racing adalah Bahan bakar mesin balap yang mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi, agar kendaraan balap responsif dan berkinerja stabil, serta ketahanannya tinggi. 

Selain mempunyai oktan tinggi, Pertamax Racing juga mempunyai kelebihan menyerupai Pertamax dan Pertamax Turbo yaitu mampu membersihkan mesin, mempunyai pelindung anti karat pada dinding tangki karena timbalnya sedikit sekali, memurnikan bahan bakar dan memaksimalakan kerja bahan bakar.

Produk ini merupakan high grade fuel quality yang bersifat ramah lingkungan (mengandung bioethanol & bebas timbal/TEL).

Pertamina Racing menjadi satu-satunya Bahan Bakar Balap yang diproduksi di dalam negeri dan telah mendapat pengakauan Federasi Balap Internasional.

Begitula sobat energi jenis-jenis Pertamax Series yang diproduksi oleh Pertamina.Ternyata keren juga yaa…

Tanpa kita sadari sebelumnya, pertamax series mempunyai banyak keunggulan yang mampu menguntungkan kendaraan kita.

Selain itu varian BBM ini juga memastikan suara mesin lebih halus dan lebih irit terlebih untuk kendaraan yang diproduksi diatas 2010. 

Nah setelah melihat kelebihan-kelebihan Pertamax Series, sobat energi gak mau nih mulai beralih menggunakan Pertamax series?.

Jangan takut deh dengan harga. Pertamax Series dan BBM lain selisihnya cuman sedikit kok. Namun kelebihan yang ditawarkan lebih besar.

Masih ingat dengan adegium Ada Harga Ada Rupa? Nah begitu juga dengan Pertamax Series, meskip terbilang cukup mahal dari BBM lainnya dijamin kendaraan sobat energi akan lebih terawat dan berusia tahan lama bila menggunakan Pertamax Series..

Yuk beralih yuk menggunakan Pertamax Series. Pertamax Gan

Related Articles

Back to top button