fbpx
Dunia

Pertama Kalinya, Kopi Indonesia Dipromosikan di Korea Utara

SEMARANG, energibangsa.id—Turut bangga, kegiatan promosi kopi Indonesia untuk pertama kalinya digelar di ibu kota Korea Utara, Pyongyang.

Promosi kopi Indonesia itu dihadiri tamu kehormatan para duta besar negara sahabat di Korut yaitu dubes India, Kuba, Laos, Palestina, Tiongkok, Rusia, Suriah, dan Vietnam.

Tindak lanjut pembicaraan kopi

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Korut, Berlian Napitupulu, mengatakan promosi kopi tersebut tindak lanjut dari pembicaraan dengan sejumlah dubes di Pyongyang tentang kopi Indonesia.

“Sebenarnya kami merencanakan untuk mengundang barista profesional untuk menyajikan kopi Indonesia kepada para Duta Besar, masyarakat asing dan masyarakat setempat, “kata Dubes Berlian dalam acara yang dinamakan “Coffee Morning”, seperti dikutip dari siaran pers KBRI Pyongyang, Senin (22/02/2021).

“Namun karena lockdown dan tidak adanya akses masuk ke RRDK, maka kami gunakan kesempatan ini untuk mempresentasikan kopi asli Indonesia mumpung para duta besar masih berada di Pyongyang,” ujarnya.

Dubes Berlian juga menyampaikan secara singkat sejarah tentang kopi Indonesia serta daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia.

Keunggulan kopi Indonesia

Ia juga berkisah soal keunikan rasa, kapasitas produksi dan ekspor, serta posisi produksi kopi Indonesia di dunia.

Dubes Berlian menambahkan pasar terbesar kopi Indonesia antara lain Amerika Serikat, Italia, Malaysia dan Mesir.

“Namun, ironisnya, dari segi pendapatan, Indonesia hanya berada di urutan ke-9 atau masih jauh di bawah negara-negara yang bukan penanam kopi seperti Swiss, Italia, Jerman, bahkan Belgia,” ujarnya.

Dijelaskan, kopi Indonesia memang sangat beragam. Pasalnya, setiap daerah memiliki rasa dan aroma kopi berbeda.

Dia mencontohkan kopi Sumatra yang memiliki rasa kuat dengan cita rasa coklat dan tembakau, sedangkan kopi Jawa memiliki rasa yang pekat dan tahan lama.

Di sisi lain, kopi Sulawesi memiliki rasa yang manis dengan cita rasa rempah-rempah. (*)

Related Articles

Back to top button