Pertalite Vs Pertamax, Mana Yang Paling Unggul? (Foto: Grid)
Pertalite Vs Pertamax, Mana Yang Paling hemat? (Foto: Grid)
advertorialTech

Pertalite Vs Pertamax, Mana Yang Paling Unggul?

0

ENERGIBANGSA.ID – Hari sabtu adalah hari yang tepat untuk wakuncar, alias waktu kunjung pacar. Biasanya para pemuda akan mengisi malam minggu ini dengan menjemput pacar di rumah lalu mengajaknya jalan-jalan menggunakan motor atau mobil kesayangan.

Tapi, pernahkah kalian berpikir bagaimana kendaraan kalian bisa melaju menuju rumah pacar?

Ya, tentu saja berkat adanya bahan bakar minyak (BBM) yang kita gunakan untuk menggerakkan kendaraan. Berkat BBM itu lah kendaraan kita dapat melenggang di jalanan dengan nyaman.

Sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna, kita harus mengasihi segala yang ada di bumi, tak terkecuali kendaraan yang kita miliki itu. Selain memberi servis yang bagus, kita juga harus memperhatikan “asupan” bahan bakar untuk kendaraan.

Nah, sebagai bentuk perhatian pada kendaraan, bahan bakar apa yang akan kalian gunakan? Pertalite atau Pertamax?

Sebelum menentukan pilihan, yuk simak perbandingan Pertalite dan Pertamax dari Energi Bangsa.

Warna Cairan

Jika kita perhatikan, ternyata tidak hanya hari-hari bersama pasangan saja yang berwarna, tapi bahan bakar kendaraan juga, lho. Pertalite diketahui memiliki warna hijau terang seperti warna lampu lalu lintas yang menandakan sudah saatnya bagi kendaraan untuk jalan. Warna ini disebabkan Pertalite berasal dari pencampuran Premium dan Pertamax.

Warna tetesan cairan bensin (Foto: Tribun)

Sedangkan Pertamax memiliki sedikit gradasi dengan warna biru kehijauan. Sementara jenis Pertamax Plus tidak menggunakan pewarna tambahan, sehingga warnanya adalah merah dan memiliki keunggulan hasil pembakaran yang lebih sempurna.

Harga

Mengutip dari laman website Pertamina, Pertalite termasuk dalam kelas menengah di antara Premium dan Pertamax. Dengan harga Rp7.650 per liter, Pertalite menjadi bahan bakar yang cukup digemari masyarakat saat ini.

Pelanggan melakukan pembayaran BBM kepada petugas SPBU (Foto: Tempo)

Berbeda dengan Pertalite, Pertamax memiliki beberapa jenis dengan harga yang beragam. Untuk Pertamax dipatok dengan tarif Rp9.850 per liter, Pertamax Turbo Rp11.200 per liter, dan Pertamax Dex Rp11.700 per liter. Sekilas Pertamax nampak lebih mahal ya, namun terlihat lebih membanggakan dan bergengsi dong kalau ditanya sama Ayah dari pacar kita.

RON/Nilai Oktan

Research Octane Number (RON) adalah ikatan kimia yang menggambarkan tingkatan seberapa kuat bahan bakar menerima kompresi. Pertalite memiliki RON sebesar 90, sedangkan Pertamax memiliki RON sebesar 92.

Menurut Departement Head PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman, semakin tinggi nilai oktan, maka BBM akan lebih lama terbakar sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang dianggap dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan. Untuk kendaraan keluaran baru dengan kompresi tinggi, sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi sehingga kinerja mesin lebih optimal.

Dampak Lingkungan

Setiap ada input pasti ada output. Begitu pula dengan penggunaan bahan bakar. Jika dibandingkan dengan bahan bakar Premium, ternyata Pertalite dan Pertamax memiliki dampak lingkungan yang lebih baik. Tapi, mana yang paling baik?

Dampak lingkungan dari asap kendaraan bermotor akibat pembakaran bensin (Foto: Wartapena)

Pertalite diolah dan dilengkapi dengan cairan sulfur sebesar 0.05 persen. Dengan nilai oktan sebesar 90, Pertalite menghasilkan polusi yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Ingat, masih ada polusinya, lho ya.

Sementara Pertamax dilengkapi dengan cairan ethanol yang berfungsi untuk meningkatkan nilai oktan bahan bakar. Ingat penjelasan sebelumnya, semakin tinggi nilai oktan maka semakin sedikit residu yang dihasilkan. Sehingga Pertamax menghasilkan polusi dengan jumlah paling sedikit daripada bahan bakar lainnya.

Setelah menyimak ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pertamax adalah bahan bakar yang paling optimal dan tepat untuk kendaraan kita. Meski masih banyak masyarakat yang menggunakan Pertalite karena harganya yang tergolong lebih murah, namun perlu diperhatikan efek jangka panjangnya untuk kendaraan dan lingkungan.

Jadi, yuk segera beralih ke Pertamax!

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Berbelit-belit, Dukcapil Dorong Aturan Perlindungan Data Pribadi

Previous article

Pertamax Lebih Hemat Dibanding Pertalite dan Premium, Ini Buktinya

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in advertorial