fbpx
Kabar Daerah

Perkuat Kaderisasi, GP Ansor Kecamatan Ngampel Kendal Gelar PKD

KENDAL, energibangsa.id—Sebagai implementasi visi memperkuat sistem kaderisasi dan misi mempersiapkan regenerasi kepemimpinan NU dan kader berkualitas, PAC GP Ansor Kecamatan Ngampel, Kabupten Kendal, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).

Sebanyak 57 peserta yang berasal dari Kecamatan Ngampel dan sekitarnya, menimba ilmu dari para instruktur Ansor di Gedung Pondok Pesantren Al Musyaffa’ Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel selama 3 hari, Jum’at hingga Ahad (12-14/2/2021).

“Kegiatan PKD ini merupakan gerbang awal bagi calon anggota dan Pengurus GP Ansor ke depan, yakni sebagai penerus kepemimpinan bangsa”, ucap Ketua PAC GP Ansor Kec. Ngampel, M. Kholil.

“Maka dari itu perlu kiranya para peserta untuk aktif menyimak dan mendengarkan dengan seksama dari para pemateri yang berpengalaman,” sambungnya.

Jadi motor penggerak organisasi

Ketua MWC NU Kecamatan Ngampel, Kyai Misbahun berharap kepada para alumni PKD untuk dapat menjadi motor penggerak sebagai pemikir organisasi di Kecamatan Ngampel.

Menurutnya, tanpa ada ikatan jantung hati para pemikir hanya akan menjadi organisasi yang hanya diam ditempat saja.

“Diharapkan bisa ikut bergerak tidak hanya jadi kader yang diurusi tapi menjadi mengurusi kader,” ucap Kyai Misbahun.

Perkuat Kaderisasi, GP Ansor Kecamatan Ngampel Kendal Gelar PKD

Acara PKD ini terlaksana sesuai protokoler kesehatan ini. Peserta juga terbagi menjadi dua ruangan dan menjadi PKD pertama yang dilaksanakan di Kecamatan Ngampel.

Hadir membuka acara, Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir. Dalam sambutannya ia menegaskan PKD adalah ajang pelatihan kepemimpinan.

Ajang pelatihan kepemimpinan

“PKD bukan sekedar rekruitmen anggota yang kapanpun bisa dilakukan oleh pimpinan ranting asalkan dia Islam”, tegasnya.

Misbahul Munir yang akrab dengan sapaan Gus Mihbah berharap, acara pelatihan tiga hari itu dapat dilakukan untuk mencetak calon pemimpin Ansor.

Ia juga menegaskan, PKD bukanlah anggota biasa yang kelak akan menentukan arah kemana organisasi Ansor di wilayah Ngampel.

Gus Misbah juga menjelaskan, tujuan acara ini adalah melaksanakan mandat organisasi dan mengimplementasikan visi-misi Ansor.

“Secara rinci, membentuk kader yang militan-ideologis, berkarakter, berdedikasi dan berintegritas tinggi, membentuk kader yang memiliki kecakapan mengelola organisasi”, imbuhnya.

“PKD adalah upaya untuk membentuk kader profesional sesuai dengan potensi kader. Juga, membentuk kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan gerakan demi meneruskan cita-cita organisasi dan perjuangan para ulama NU,” tandasnya.

Selain menggelar acara PKD, Pimpinan Ranting Desa Sudipayung juga resmi dikukuhkan oleh PC Ansor Kendal.

Pengukuhan itu dilakukan dihadapan peserta yang terdiri atas pengurus MWC NU Ngampel. Serta, anggota Badan Otonom NU di Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (*)

Related Articles

Back to top button