batikindonesia
BudayaKita IndonesiaNewsSemangat Bangsa

Peringati Hari Batik Nasional, Kalian Wajib Tahu Mengapa Dinamakan Batik!

0

ENERGIBANGSA.ID – Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional.

Peringatan Hari Batik Nasional ini rutin dilakukan semenjak Batik memperoleh pengakuan dunia pada tahun 2009 oleh United Educational, Scientific an Cultural Organization (UNESCO). Batik masuk dalam kategori warisan budaya intangible cultural heritage (tak benda).

Ngomong-ngomong tentang batik nih sobat energi, bagaimana awal mula bisa dinamakan batik ? dan arti dari kata batik itu sendiri apa ya ? ada yang tau ?

Kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa “amba” dan “tik”. Kata “amba” pada batik bukan berati luas ya sobat, melainkan menulis. Bila dirangkai menjadi satu kata “ambatik” memiliki makna yang berarti menggambar atau menulis titik.

Ambatik mengacu pada teknik melukis titik-titik yang rumit. Sebenarnya kata ambatik yang lebih sering kita kenal dengan kata batik, adalah sebuah teknik pembuatan kain.

Kenapa menggambar titik ? padahal kita banyak menjumpai motif batik yang beragam tidak hanya sekedar titik. Titik merupakan awal dari sebuah bentuk, baik tulisan dan gambar semua bermula dari titik. Selanjutnya titik itu dikembangkan sehingga menjadi sebuah motif yang memiliki nilai seni tinggi.

Dilansir dari pemoeda.com Batik sendiri kabarnya sudah ada sejak 2000 tahun silam di Timur Tengah, Asia Tengah dan India. Pada peradaban mesir kuno, teknik membatik sudah diterapkan untuk membungkus mumi menggunakan kain linen. Lalu apa hubunganya dengan batik ?

Teknik yang digunkan untuk membungkus mumi ini serupa dengan teknik membatik. Sebagaimana mana kita tau bahwa membatik merupakan kegiatan melukis diatas kain dengan menggunakan canting yang berisi lilin atau yang dikenal dengan malam. Hal serupa dilakukan pada kain linen yang digunakan untuk membungkus mumi, kain tersebut juga dilapisi lilin.

Sebagai warisan budaya yang diakui dunia sudah seharusnya kita melestarikan budaya batik. Cinta tanah air bisa dilakukan dengan cara sederhana, sesederhana menjaga populasi batik agar tetap lestari. Bangga dengan keragaman budaya Indonesia merupakan salah satu bentuk kecintaan kita terhadap ibu pertiwi.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Batik dan Permainan Energi

Previous article

Batik Pohon, Inovasi Baru Dalam Perbatikan

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Budaya