fbpx
Kabar Daerah

Peringatan 5 Abad Kabupaten Semarang, Bupati Ngesti Kunjungi Makam Leluhur

SEMARANG, energibangsa.id—Rabu (9/3/2021) sekitar pukul 09.00 WIB kemarin rombongan Bupati Semarang Ngesti Nugraha tiba di sekitar kompleks makam Ki Ageng Pandanaran I di Mugassari, Kota Semarang.

Dari kegiatannya, bupati sebelum memasuki area makam melakukan salat sunah dua rakaat di masjid kompleks makam.

Dengan duduk bersila di ruangan sempit yang melingkupi makam Ki Ageng Pandanaran I, Bupati Ngesti beserta rombongan membaca tahlil yang dipimpin oleh ulama KH Rohadi dan doa oleh Ketua MUI KH Miftahudin.

Usai berdoa, bupati menaburkan bunga di pusara makam Ki Ageng Pandanaran I dan dua makam lain yang mengapitnya.

Juru kunci makam Agus Krisdiono menjelaskan, makam Ki Ageng Pandanaran I diapit oleh makam ayahnya, Syeh Maulana Ibnu Abdul Salam dan sang istri, Nyi Pandanaran I.

“Ki Ageng Pandanaran I itu ayah Bupati Semarang pertama Ki Ageng Pandanaran II. Makamnya di Tembayat, Klaten,” terangnya.

Rangkaian Peringatan 500 tahun Kabupaten Semarang

Ngesti Nugraha menyampaikan, kunjungannya tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan hari jadi ke-500 Kabupaten Semarang yang jatuh pada 15 Maret 2021, untuk mendoakan leluhur Kabupaten Semarang.

Sekaligus, menghargai jasa pendahulu Kabupaten Semarang.

“Kita berdoa dan berharap Kabupaten Semarang semakin sejahtera,” tegasnya.

Pembina Yayasan Sosial Sunan Pandan Arang Semarang, Aris Pandan Setiawan menyampaikan, momentum ziarah ini sangat istimewa karena bertepatan dengan tahun pertama Bupati Semarang Ngesti Nugraha menjabat.

“Pertama kali Bupati Ngesti Nugraha melakukan ziarah tepat di lima abad berdirinya Kabupaten Semarang,” bebernya.

“Ini suatu langkah yang sangat istimewa dan semoga membawa kebaikan bagi Kabupaten Semarang. Sekaligus ikhtiar penting untuk terus mengingat sejarah panjang Kabupaten Semarang,” ujarnya. (dd)

Related Articles

Back to top button