fbpx
Kabar Indonesia

Perhimpunan Dokter Paru: Tetap Pakai Masker Saat di Rumah

ENERGIBANGSA.ID — Rantai penularan virus COVID-19 kini kian mengkhawatirkan. Melansir covid19.go.id data terakhir di Indonesia sebanyak 203.342 tercatat positif Corona, sebanyak 145.200 dinyatakan sembuh, dan meninggal sebanyak 8.336.

Peningkatan pasien positif COVID-19 di Indonesia menjadi perhatian serius. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menggunakan masker walaupun sedang berada di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk menekan dan meminimalisir kemungkinan adanya transmisi COVID-19 pada anggota keluarga.

Baca Juga : Good Job! Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Sudah Setengah Jadi, Lho…

“Sebaiknya itu yang memang paling ideal dilakukan, terutama saat kita baru saja dari luar,” kata Ketua Umum PDPI, Dr. dr. Agus Dwi Susanto saat dihubungi Antara, Selasa (8/9).

Imbauan menggunakan masker di dalam rumah, menurut Dr Agus, terutama bagi salah seorang anggota keluarga yang bepergian untuk beraktivitas keluar rumah.

Khawatirnya, saat berada di luar rumah, orang tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berpotensi terpapar dan membawa virus saat kembali ke rumah.

“Bisa jadi kita tidak sadar terpapar, namun tanpa gejala. Ketika kembali ke rumah, maka terjadi transmisi virus ke anggota keluarga yang lain,” jelas Dr Agus.

Akan lebih berisiko apabila di dalam rumah terdapat anggota keluarga yang termasuk kategori risiko tinggi, yaitu bayi, anak-anak, orang lanjut usia dan orang yang memiliki penyakit penyerta.

Oleh sebab itu, Dr Agus kembali mengingatkan bagi setiap orang yang beraktivitas di luar rumah. Harus selalu menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan maksimal.

Dr Agus juga memberi saran, bahwa sebaiknya saat kembali sehabis beraktivitas di luar rumah, harus mandi terlebih dahulu sebelum bertemu atau berkumpul bersama anggota keluarga.

“Pakaiannya langsung dicuci, sepatu atau peralatan pribadi disemprot antiseptik,” ujarnya.

Baca Juga : Bolehkah Berbuhungan Intim Saat Pandemi COVID-19? Ini Kata Dokter

Menurut Dr Agus, ada cara lain yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan klaster COVID-19 pada lingkungan keluarga, yaitu dengan rajin membersihkan dan mengatur sirkulasi udara, membiarkan cahaya matahari pagi masuk ke rumah. Jika memungkinkan, disarankan juga di rumah memiliki pemurni udara untuk tetap menjaga kualitas udara di rumah. (Annisaa/EB/antara).

Related Articles

Back to top button