fbpx
Kabar Daerah

Perhatikan Potensi Batik Jepara, Bupati Jepara Terima Penghargaan

JEPARA,energibangsa.id – Bupati Jepara Dian Kristiandi mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Diponegoro (Undip). Penghargaan ini diberikana atas dedikasi bupati terhadap pelestarian batik Jepara.

Penghargaan ini diserahkan di Pendapa Kartini Jepara oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Undip Semarang,Alamsyah. Bupat Jepara dinilai berkomitmen terhadap industri kreatif batik yang cukup baik sehingga layak untuk mendapatkan penghargaan.

Pemberian penghargaan ini bukan asal-asalan, melainkan sudah diteliti terlebih dahulu oleh peneliti yang dilakukan selama tiga tahun melalui Penelitian Terapan Ungulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dalam naungan LPPM Undip, Semarang.

Selain itu bupati berupaya untuk memajukan industri kreatif batik yang memiliki identitas lokal Jepara dengan ciri khas yang dibawanya. Hal ini merupakan bukti keseriusannya dalam melihat potensi dan keadaan yang ada di Jepara. Bahwa, kemampuan mengukir masyarakat Jepara yang sekian lama telah membawa nama Jepara terkenal akan kerajianan ukirnya, kini kemampuan tersebut kian meredup.

Hal ini merupakan salah satu bentuk rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dicanangkan oleh Bupati Jepara. Dengan begitu, Bupati Jepara dipercaya bisa memajukan dan mengembangkan batik motif lokal Jepara.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi juga menyampaikan apresiasi terhadap LPPM Undip yang telah memberikan penghargaan kepadanaya.  Tak hanya itu saja, LPPM juga memberikan penghargaan terhadap pemerhati batik Jepara yaitu Hadi Piyanti dan perajin batik Suyanti Jatmiko.

Perhatikan Potensi Batik Jepara, Bupati Jepara Terima Penghargaan

ASN mengenakan baitik khas Jepara

Dian Kristiandi juga berkomitmen akan mengangkat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terkhusus batik dengan cara mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengenakan batik khas Jepara setiap Kamis dan Jumat.

Dengan begitu, akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penggunaan batik Jepara untuk seragam ASN mulai awal Januari 2021. Sehingga Jepara memiliki dua ciri khas yaitu sebagai kota ukir dan juga kota batik.

Perajin batik Jepara, Suyanti Sujatmiko juga menyambut baik akan rencana Perbub tersebut. Karena dinilai bisa memajukan batik khas Jepara agar bisa lebih dikenal lagi. Hingga saat ini, sudah terdapat ribuan motif batik khas Jepara yang membuktikan bahwa bakti Jepara juga mempunyai potensi yang lebih juga.(*)

Related Articles

Back to top button