Perhatikan, Inilah Tips Menggunakan Earphone Dengan Baik dan Benar
Perhatikan, Inilah Tips Menggunakan Earphone Dengan Baik dan Benar
HealthLifeMusicStyle

Perhatikan, Inilah Tips Menggunakan Earphone Dengan Baik dan Benar

0

ENERGIBANGSA.ID – Earphone merupakan salah satu alat yang dipergunakan untuk mendengarkan musik, menelpon, dan audio saat bermain game online.

Penggunaan earphone yang salah dapat mengurangi fungsi pendengaran dan membuat telinga sakit seperti berdenging maupun terasa nyeri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menggunakan earphone agar tidak menyakiti telinga maupun pendengaran:

Menggunakan Earphone Tidak Dengan Volume Keras

Ada sebagian orang mendengarkan musik dengan volume keras di earphone untuk meningkatkan konsentrasi jika suasana sengan ramai. Namun perlu diperhatikan lagi jika mendengarkan musik dengan volume keras dapat menimbulkan dampak buruk bagi pendengaran.

Penelitian yang dilakukan oleh WHO mengatakan bahwa sebanyak 43 juta penduduk dengan rentang usia 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran. Adapun sebanyak 50 persen disebabkan karena penggunaan volume yang terlalu keras.

Sering Membersihkan Earphone

Tanpa kita sadari, earphone yang tidak pernah dibersihkan dapat menjadi sarang bakteri. Dilansir dari jurnal Research Chiranjay Mukhopadhay earphone yang kotor akan menjadi sarang bagi 68 persen bakteri. Duh, jangan sampai bakteri itu hinggap di telinga Sobat Energi, ya.

Tidak Meminjamkan Erphone Kepada Orang lain

Kebanyakan orang sering meminjam-minjamkan earphone-nya kepada orang lain. Namun perlu diketahui lagi bahwa sering meminjam-minjamkan earphone kapada orang lain dapat meningkatkan penularan bakteri.

Bisa saja ketika meminjamkan earphone kepada orang lain, kita akan terkena infeksi telinga. Hal ini karena kita tidak tahu apakah orang yang kita pinjami earphone mempunyai telinga yang bersih dan sehat atau tidak.

Tidak Menggunakan Earphone Ketika Di Jalan Raya

Masih banyak dijumpai orang-orang yang menggunakan earphone saat mengendari kendaraan maupun sedang berjalan kaki di jalan raya.

Perlu diketahui bahwa ketika kita menggunakan earphone saat bekendara di jalan raya dapat menyebabkan turunnya tingkat konsentrasi dan tidak dapat mendengar suara klakson kendaraan lain.

Jadi sebaiknya gunakan earphone dengan lebih berhati-hati lagi ya Sobat Energi. Apabila merasa ada permasalahan di telinga maupun pendengaran, lebih baik langsung periksa ke dokter.

  • Artikel ditulis oleh Anggi Novitasari, Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.
Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Ciptakan Generasi Unggul, Bulog Luncurkan Beras Bervitamin

Previous article

Anak Usia 12 Tahun Ini Belajar Internet Marketing Sejak Dini, Kamu?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Health