fbpx
Wisata & Kuliner

Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Liburanmu Lebih Bermakna

ENERGIBANGSA.ID—Berwisata merupakan kegiatan yang menyenangkan. Disamping dapat melepas penat, dengan berlibur kamu dapat menambah perspektif baru terkait dengan kebudayaan, adat-istiadat hingga masyarakat lokal yang memiliki kebiasan, kepercayaan. Atau bahkan etnis yang berbeda dengan kamu. Nah, akhir-akhir ini, marak suatu fenomena berlibur yakni solo travelling!   

Apa itu solo travelling ? Solo travelling sendiri merupakan kegiatan berlibur yang dilakukan secara pribadi. Seperti berkunjung ke suatu daerah baik sebelumnya belum pernah kamu kunjungi atau sudah. Berbagai manfaat dapat anda dapati dengan solo travelling, seperti menambah pengalaman hingga melatih bagaimana anda mengatur keuangan pribadi.

Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Liburanmu Lebih Bermakna

Namun, sebelum anda memutuskan untuk melakukan solo travelling, pastikan anda memperhatikan hal-hal berikut, agar kamu dapat melakukan kegiatan berlibur dengan aman dan kerumah dengan selamat.   

1. Buat ‘things-to-do’ atau daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan selama berlibur

Buatlah beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan selama melancong. Dengan dibuatnya beberapa daftar kegiatan yang ingin dilakukan, kamu dapat memastikan bahwa alokasi waktu yang dihabiskan dapat terwujud secara keseluruhan.

Adapun catatan kecil tersebut dapat kamu tulis pada aplikasi pencatat atau memo yang tersedia di seluruh smartphone. Tetapkan daftar sekala prioritas dari hari ke hari agar kamu tahu bagaimana menghabiskan waktu dan keuanganmu.    

 2. Miliki nomor-nomor penting seperti nomor polisi, nomor ambulans, hingga orang rumah atau orang terdekatmu 

Kejadian darurat tentu tidak dapat diprediksi. Alih-alih kamu panik dan emosi, kamu dapat menelpon nomor-nomor darurat yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan begitu, kamu dapat langsung menelpon saat suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada kamu.    

Berikut sedikit rangkuman nomor-nomor darurat yang perlu kamu jadikan pertimbangan untuk disimpan. Jika kamu berencana melakukan solo travelling di Indonesia, sebagaimana dilansir dari Wikipedia.  

3. Pisahkan uang pada tempat yang berbeda

Salah satu kejadian naas yang paling sering ditemui oleh para turis adalah kasus pencurian. Maraknya, para pencuri akan mengincar dompet atau tas yang mana biasanya orang-orang akan meletakan uang atau barang-barang berharga pada tas tersebut.

Sebagai bahan pembelajaran dari kasus pencurian barang-barang berharga, anda dapat memisahkan uang dan barang berharga anda pada berbagai tempat yang berbeda, seperti saku-saku celana dan baju, tas-tas atau bahkan sepatu anda.

Salah satu pelancong menuturkan sebuah tips yang berguna jika kamu berencana untuk berlibur. Yakni kamu dapat meletakan uang pada sebuah kantong plastik yang di dalamnya dapat diisi dengan diapers berisikan selai coklat.

Dengan begitu, jika pencuri hendak mengambil kantong plastikmu, pencuri tersebut akan berpikir dua kali. Apakah ia benar-benar ingin mengambil sebuah diapers bekas dengan kotoran yang melekat disekitarnya? hahaha

4. Pastikan kamu membawa seluruh kebutuhan yang diperlukan selama berlibur

Kita tidak dapat mengetahui secara sempurna apa dan bagaimana kondisi tempat berlibur kita. Bisa saja yang kita dapati adalah tempat berlibur yang jarang ditemui toko kelontong atau minimarket. Dengan menyediakan barang-barang secara lengkap, tentu kamu tak perlu repot-repot berpikir jika kamu tidak dapat menemui penjual barang yang dibutuhkan selama berlibur.  

5. Miliki kenalan pada daerah berlibur yang sekiranya dapat membantumu ketika solo travelling 

Kemanapun kamu pergi, salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan destinasi wisata adalah apakah kamu memiliki kenalan pada daerah tersebut? Terlebih, jika kamu berencana ingin melakukan solo travelling. Mengingat, orang yang kamu kenal ini dapat membantumu jika sewaktu-waktu menemui kesulitan.    

Jika kamu tidak memiliki kenalan sama sekali, namun tetap bersiteguh untuk mengunjugi suatu daerah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Yakni cari tahu apakah terdapat komunitas yang memiliki kesamaan dengan kamu?

Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Liburanmu Lebih Bermakna

Misal saja jika kamu ingin berkunjung ke Manado dan kamu berasal dari Pulau Jawa maka dapat mencari tahu apakah terdapat ikatan perantau orang Jawa yang menetap di Manado atau tidak?

Hal yang lain adalah ketika kamu berencana untuk melakukan touring sendiri. Apakah di daerah yang anda kunjungi terdapat komunitas motor yang memiliki kegemaran serupa dengan kamu?

Dengan begitu, kamu dapat meminta pertolongan dengan menghubungi orang tersebut. Tetapi, selalu ingat untuk senantiasa waspada terkait dengan beragam tindak kejahatan yang mungkin terjadi karena walau bagaimanapun, mereka adalah orang asing bagi kamu.  

Demikianlah beberapa tips yang perlu kamu jadikan catatan tersendiri agar dapat meminimalisir kerugian-kerugian yang terjadi. Dengan memperhatikan hal-hal detail itu, tentu kamu dapat berlibur lebih tenang. Karena jauh hari sebelumnya kamu telah menyiapkan keperluan-keperluan penunjang yang dapat membantu ketika mengalami kesulitan selama berlibur. (Mohamad Yuflih Huda M.)    

Related Articles

Back to top button