fbpx
Komputer

Google Chrome Tutup Layanan Tahun 2022, Ada Apa Nich !?

ENERGIBANGSA.ID—Kalian yang masih menggunakan sistem Microsoft lawas seperti Windows 7, sepertinya harus mempertimbangkan untuk berpindah sistem operasi.

Salah satu browser dari Google, yakni Google Chrome akan menutup layanan bagi sistem operasi pada Windows 7.

Dilansir dari laman Metro, Google Chrome akan menghentikan layanan pada Windows 7 dan sistem operasi Windows yang lebih lawas.

Penutupan layanan ini jadi seperti pemaksaan bagi para pengguna Windows 7 untuk berpindah sistem operasi menjadi Windows 10.

Keputusan ini dibuat oleh Google sendiri pada Januari 2022, meski deadline yang dibuat sudah diperpanjang akibat pandemi Covid-19.

Dukungan keamanan juga menjadi akhir bagi Windows 7. Sistem operasi yang dirilis sejak 2009 tersebut sudah terbilang lama.

Dan sistem operasi terbaru microsoft, yakni Windows 10 memiliki performa yang lebih efisien jika dibandingkan dengan Windows 7.

Masih banyak pengguna Windows 7

Terdapat fakta bahwa pengguna yang masih menggunakan Windows 7 masih terbilang banyak.

Menurut laman NetMarketShare, masih ada 20,93 persen pengguna di dunia masih menggunakan Windows 7, termasuk di Indonesia.

Google Chrome termasuk salah satu browser pilihan bagi para pengguna Windows serta Apple. Dari kalangan PC, laptop, hingga smartphone dan tablet.

Hal ini karena akses situs yang lebih cepat sehingga sudah terintegrasi dengan Google sebagai salah satu situs pencarian terbesar di dunia.

Meskipun memakan memori hingga prosesor yang berlebihan, Google Chrome masih bisa meminimalisasi kekurangan tersebut, di antaranya Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan juga Opera.

“Setelah melawan situasi ini, dan mengumpulkan masukkan dari para pelanggan kami, Chrome tetap akan mendukung Windows 7 hingga 15 Januari 2022. Ini sudah kita perpanjang selama enam bulan sebelum rencana awal kita 15 Juli 2021,” ujar Max Christoff, Engineering Director Chrome.

Melihat penjelasan Christoff, sepertinya ia memang masih sayang dengan pengguna sistem operasi lawas Microsoft.

Sarannya, sebaiknya sobat Energi segera meng-upgrade sistem ke Windows 10. Selain lebih ringan, banyak aplikasi terbaru yang bisa dicoba untuk komputer/laptop kalian. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button