Kesehatan

Perbedaan Influenza dan COVID-19, dari Sesak Napas hingga Tak Bisa Cium Bau

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Corona Virus (COVID-19) memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa. Munculnya gejala seperti batuk, demam, hingga nyeri otot menjadi tanda bahwa tubuh terinfeksi virus.

Memiliki gejala yang hampir mirip, tentu saja apabila tiba-tiba merasakan gejala tersebut kita akan merasakan panik. Bertanya-tanya apakah gejala itu hanya gejala flu biasa atau merujuk ke penyakit lain? Daripada merasa cemas, sebaiknya segera tanyakan ke dokter.

Mengutip Men’s Health, inilah beberapa gejala flu yang sering ditemukan pada penderita COVID-19 :

–    Sakit tenggorokan

–    Sakit kepala

–    Batuk

–    Sakit otot

–    Bersin

–    Suhu meningkat

–    Tekanan di telinga dan wajah

–    Kesulitan tidur

Sementara itu, ketika seseorang terinfeksi COVID-19 gejala diatas diikuti dengan :

–    Temperatur tubuh yang tinggi

–    Batuk yang terus menerus

–    Kehilangan atau perubahan pada indra penciuman dan perasa

Namun, ada beberapa perbedaan yang bisa diidentifikasi. Tetapi, alangkah baiknya untuk memastikan tetap langsung saja melakukan tes COVID-19. Berikut ini beberapa gejala pembedanya,

1. Bersin

Bersin menjadi salah satu gejala dari penyakit flu. Namun, bersin juga termasuk ke dalam salah satu gejala virus Corona.

Jika mengalami bersin yang disertai demam, batuk, dan kehilangan fungsi penciuman atau perasa, sebaiknya langsung periksakan diri lebih lanjut dengan melakukan tes COVID-19.

2. Sesak napas

Gejala sesak napas menjadi salah satu yang dialami oleh pasien Corona. Gejala ini cukup umum dan mencolok.

Apabila sesak napas disertai gejala lain yang mengarah ke COVID-19, segera lakukan tindakan isolasi mandiri dan melakukan tes pengecekan.

3. Jangka waktu

Pasien COVID-19, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), umumnya mengalami waktu yang lama sampai muncul gejala.

Pada flu biasa, perkembangan gejala penyakit selama 1-4 hari setelah terinfeksi. Pada pasien COVID-19, gejala biasanya baru muncul 5 hari setelah terinfeksi. Waktu tercepatnya bahkan bisa 2 hingga 14 hari setelah terinfeksi virus Corona.

4. Hidung berair

Ketika flu biasanya hidung akan berair atau pilek. Pilek memang tidak menjadi gejala pasti virus Corona. Tetapi jika hidung berair diikuti dengan gejala COVID-19, harus segera memastikan dengan mengeceknya.

5. Kehilangan kemampuan mencium bau

Agustus lalu, peneliti Eropa menemukan bahwa hilang kemampuan penciuman hanya terjadi pada COVID-19 dan berbeda dengan yang dialami saat flu biasa.

Pasien COVID-19 mengalami ketidakmampuan dalam mencium bau secara tiba-tiba dan parah. Bahkan di beberapa kasus, penderita tidak dapat merasakan pahit maupun manis.

COVID-19 sudah mempengaruhi sel saraf yang berkaitan dengan indra penciuman dan perasa, yang menyebabkan kehilangan fungsi.

Itulah tadi beberapa gejala yang membedakan flu biasa dengan COVID-19. Namun, tetap saja alangkah baiknya melakukan pemeriksaan atau tes COVID-19 langsung untuk hasil yang lebih pasti. Jangan lupa untuk tetap di rumah saja bila tidak berkepentingan keluar rumah dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button