perang
Ilustrasi: Jokowi dan China sama-sama tokoh yang palign banyak dibenci dan dicaci di Indonesia (doc istimewa)
Ekonomi & BisnisInternasionalKabar Indonesia

Perang Dagang AS-Cina, Jokowi Berharap Ada Kesepakatan yang Menguntungkan

0

ENERGIBANGSA.ID – Isu perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Cina memang sudah lama bergaung. Hal ini kemudian menjadi bahasan Presiden Jokowi dengan jajaran kabinetnya dalam rapat terbatas sebelum pelaksanaan KTT G20 di Osaka.

Seperti diketahui, pemimpin AS dan Cina akan bertemu di Osaka dalam gelaran KTT G20 pada Sabtu ini (29/6/2019).

Jokowi berharap pada pertemuan nanti dapat tercipta kesepakatan yang baik, adil, dan saling menguntungkan. Hal tersebut dilontarkan langsung oleh Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina, Xi Jinping pada Jumat (28/6/2019).

“Besok rencananya akan ada pertemuan antara Presiden Trump dan Presiden Xi. Presiden Jokowi berharap mudah-mudahan akan ada terobosan yang signifikan,” ujar Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi, dikutip dari bisnis.com.

Selain harapan tersebut, Jokowi dan Xi Jinping diketahui membahas pula upaya-upaya yang akan dilakukan guna mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dan Cina.

“Tadi dibahas juga bahwa tahun lalu impor RRT terhadap CPO [crude palm oil] Indonesia sudah melampaui angka 1 juta ton yang berarti sudah lebih dari angka yang dijanjikan Presiden Xi sebelumnya,” tambah Retno.

Selanjutnya energibangsa.id memperoleh informasi bahwa tahun ini Cina akan kembali menggelar pameran dagang bertajuk Cina International Import Expo (CIIE). Pemerintah Cina berjanji akan memberikan perhatian khusus pada Indonesia seperti gelaran tahun lalu.

Pada sesi akhir pertemuan, Xi Jinping tak lupa menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Indonesia Duduki Nomor Dua di ASEAN dalam Keberagaman Gender di Perusahaan

Previous article

Menilik Kearah Mana Sandi Pergi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.