fbpx
Gaya HidupKesehatan

Penuh Khasiat, Sembuhkan Diabetes Dengan Daun Ini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang)— Daun kenikir yang sering kita jumpai di masakan pecel maupun urap ternyata memiliki banyak manfaat dan disebut sebagai tanaman obat lho sobat energi.

Diduga daun kenikir berkhasiat untuk mencegah penyakit tertentu, seperti hipertensi dan diabetes.

Memiliki nama latin Cosmos caudatus, kenikir juga memiliki nama lain yaitu ulam raja. Tanaman ini berasal dari Amerika Latin, tapi juga bisa ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena kandungan nutrisinya, daun kenikir bisa tumbuh mencapai 3 meter, dengan bunga berwarna merah muda atau ungu.

Bagian dari kenikir yang sering diambil adalah daunnya yang diolah menjadi berbagai macam makanan.

Selain direbus dan dijadikan urap atau pecel, daun kenikir juga sering dijadikan sebagai lalapan dan sambal alias dimakan mentah.

Nutrisi daun kenkir akan bisa dicerna oleh tubuh apabila dibersihkan dan diolah dengan tepat.

Per 100 gram (gr) daun kenikir dapat menyumbang zat gizi seperti energi 45 kalori (kal), protein 3,7 gr, karbohidrat 6,6 gr, dan serat 5,8 gr. Selain itu juga sayuran yang satu ini dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin.

Muali dari 328 miligram (mg) kalsium, 65 mg fosfor, 2,7 mg besi, 6 mg natrium, 431 mg kalium, dan 0,6 mg seng. Vitamin yang turut terkandung adalah 12 mikrogram (mcg karoten, 0,5 mg vitamin B1 (thiamin), 0,3 mg vitamin B2 (riboflavin), serta 4,5 mg niasin.

Nah inilah beberapa manfaat daun kenikir untuk kesehatan yang berhasil di rangkum oleh tim energibangsa.id dari berbagai sumber  untuk sobat energi semuanya, yuk disimak:

 1.Cegah Diabetes

Beberapa penelitian menguak fakta bahwa daun kenikir dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan, sehingga bisa mengenadilkan kadar gula darah.

Di mana, ketika kadar gula darah tinggi dan tidak dikendalikan, karena insulin tidak bisa bekerja aktif dapat menyebabkan penyakit Diabetes tipe 2.

2.Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan penyakit di mana tekanan darah menjadi tinggi hingga melebihi normal. Hasil riset menunjukkan bahwa daun kenikir memiliki efek diuretik yang banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Disebutkan juga bahwa daun kenikir memiliki efek kerja mirip dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Sayangnya, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir sebagai obat hipertensi belum dapat dipastikan karena belum ada penelitian lebih lanjut.

3.Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bertugas untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh yang apabila tidak segera dihentikan akan menimbulkan berbagai macam penyakit kronis yang merugikan kesehatan.

Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, daun kenikir ternyata mengandung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.

Diyakini juga jenis antioksidan ini berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berpotensi berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan juga terkandung dalam daun ulam raja ini.

4.Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam daun kenikir dapat mencegah kerusakan sel. Ekstrak daun kenikir juga terlihat memiliki efek antibakteri dan antijamur. Selain itu, diduga daun kenikir juga dapat mencegah penyakit tertentu, seperti penyakit jantung.

Demikian sobat energi manfaat dari daun kenikir. Tapi harus diingat ya sobat energi, banyaknya manfaat yang terkandung dalam daun kenikir bukan berarti dapat dikonsumsi secara berlebihan.

Sebab, mengkonsumsi daun kenikir atau ekstraknya secara berlebihan diduga dapat menyebabkan kerusakan organ hati.

Intinya, Sobat Energi, mengkonsumsi sesuatu sebaiknya sewajarnya saja sesuai aturan dan dosis yang ditentukan, agar manfaat yang ditawarkan dapat terserap baik ditubuh kita. (Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button