Teknologi

Pentingnya Mengganti Oli Motor Secara Berkala

ENERGIBANGSA.ID – Tak semua pemilik kendaraan bermotor paham mengenai perawatan kendaraan miliknya termasuk pentingnya mengganti oli secara berkala.

Mungkin Sobat Energi bertanya-tanya, kenapa sih kita perlu mengganti oli secara berkala ?

Agar Sobat Energi makin paham, Tim Energi Bangsa telah merangkumkan alasan pentingnya mengganti oli. Dilihat dari fungsinya oli memiliki beberapa fungsi penting diantaranya. Pertama, sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor.

Kedua, mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain sehingga mesin tidak mudah aus. Tak hanya itu, oli juga memiliki fungsi sebagai perapat celah antara piston dengan silinder serta pendingin dari panas yang dihasilkan dari proses pembakaran dan gesekan antar komponen.

Perlu diingat juga nih Sobat Energi, untuk mengganti oli kalian tentunya tak bisa menggunakan sembarang jenis oli. Sebab, seperti fungsi utama oli yaitu untuk menjaga peforma sekaligus kondisi mesin motor kalian maka, pemilihan oli dengan kualitas yang bagus akan berpengaruh pula pada peforma mesin yang dihasilkan.

Tips selanjutnya seperti dilansir dari hondacenkareng.com adalah ada baiknya Sobat Energi tidak berganti-ganti merk dan jenis oli karena dapat berpengaruh terhadap mesin motor. Dalam pemilihan oli Sobat Energi sangat direkomendasikan untuk konsultasikan dulu dengan beberapa teknisi ahli mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor kalian.

Lalu, bagaimana mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli ?

Pada umumnya proses penggantian oli dilakukan pada motor yang speedometernya berkisar pada 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli jangka waktunya lebih cepat. Agar peforma semin motor Sobat Energi tetap stabil sebaiknya kalian harus mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari).

Nah, bagi Sobat Energi yang lebih suka untuk mengganti oli sendiri ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mengganti oli. Pertama, jangan menyemprot lubang oli dengan udara bertekanan. Hal tersebut justru akan mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin.

Kedua, jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut. Ketiga, pastikan setiap Sobat Energi membuka baut pembuangan oli gantilah ring oli kalian untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut oli.

Tapi, jika Sobat Energi mengalami mogok di tengah perjalanan karena sudah terlalu tidak ganti oli kalian tak perlu khawatir. Kenapa ? Karena sebentar lagi MAXIAGA akan hadir di tengah-tengah kalian dan siap membantu Sobat Energi. MAXIAGA, Untuk Anda Kami Ada.

Related Articles

Back to top button