Gaya Hidup

Penting ! Tips Saat ‘Motor Kreditan’ Digondol Maling

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Masyarakat khususnya bikers harus semakin waspada dengan maraknya aksi pencurian motor (curanmor). Enggak perlu waktu lama, maling langsung merusak kunci kontak motor incaran dan membawa kabur.

Ilustrasi maling motor. Sumber: detikcom

Karena itu, langkah pencegahan dari aksi pencurian motor adalah dengan memberikan kunci pengaman tambahan atau gembok. Dengan demikian maling akan kesulitan membawa kabur motor karena ada kunci pengaman.

Kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang semakin marak terjadi bisa menimpa siapa saja. Tidak terkecuali bagi mereka yang status kendaraannya masih nyicil alias kredit.

Saat dihadapkan dengan masalah tersebut, sebaiknya jangan panik dan sikapi dengan kepala dingin. Marketing Specialist PT Asuransi Raksa Pratikara, Fenny Aridaningsih, mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilik kendaraan wajib menginformasikan kehilangan motor ke pihak leasing.

Laporan pertama ke leasing ini nantinya akan memudahkan dan mempercepat proses klaim asuransi.

“Sebab motor yang dibeli secara kredit otomatis mendapat asuransi Total Lost Only (TLO). Sebagai gantinya konsumen akan mendapat ganti rugi berupa dana senilai harga jual motor,” ujar Fenny saat dihubungi Kompas.com.

Lengkapi juga lapiran dengan salinan identitas pribadi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), maupun kunci motor.

Fenny melanjutkan, tahapan selanjutnya adalah pemilik kendaraan membawa surat pengantar dari leasing yang menyatakan kehilangan akibat pencurian kepada pihak kepolisian.

Nantinya, pihak kepolisian akan menerbitkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL). Setelah urusan dokumen selesai, pemilik kendaraan baru bisa melanjutkan proses klaim di leasing.

“Jika memang dari hasil analisi kejadiannya liable atau sesuai tanpa melanggar perjanjian, maka pihak asuransi akan membayarkan uang senilai ganti rugi kehilangan motor itu (sesuai harga pasar nilai pergantiannya),” kata Fenny.

Fanny melanjutkan, uang tersebut nantinya akan ditransfer ke rekening leasing, karena kendaraan masih milik leasing (masih ada angsuran).

“Selanjutnya, nilai pergantian ke pemilik motor itu sudah menjadi urusan dengan leasing.

Berapa nilai pergantiannya, karena pemilik motor dan pihak leasing lah yang tahu akan hal itu,” ucapnya. (dd/kompas.com)

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Motor Masih Nyicil Hilang Dicuri Maling, Apa yang Harus Dilakukan?”)

Related Articles

Back to top button