fbpx
Kabar Daerah

Pengukuhan Pengurus MUI Kabupaten Pekalongan

PEKALONGAN, energibangsa.id – Pengukuhan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pekalongan dilakukan di aula lantai I Setda yang dihadiri oleh Plt Bupati Pekalongan IR Arini Harimurti, Kepala Kemenag, Kepala OPD terkait dan juga unsur Forkopimda.

Pengukuhan ini untuk masa Khidmah 2020-2025 yang mengusung tema “Peran MUI dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Umat Bangsa dan Negara”. Plt Bupati Pekalongan, Ir Arini Harimurti turut mengucapkan selamat kepada pegurus yang terpilih dan juga menambahkan bahwa selama ini MUI Pekalonagn sudah sebagai wadah kebersamaan untuk menjadikan perekat dalam kebhinekaan.

Harapannya, MUI mempunyai peran pencerah, pencerdas, inspirasi dan solusi bagi semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk menyelesaikan tiap permasalahan.  Tak hanya itu, Arini juga mengajak pemuda, MUI dan semua elemen masyarakat agar bisa bekerja sama untuk mewujudkan Pekalogan yang sejahtera lahir dan batin.

Ketua umum MUI Pekalongan, Prof. Dr. KH Rozikin Daman mengatakan, menurutnya MUI adalah kerja sama antara ulama, syuama dan para cerdik pandai yang menjadi satu dalam sebuah organisasi.

Fungsi MUI

Beberapa fungsi MUI yaitu memberi pertimbangan dan fatwa tentang keagamaan kepada masayarakat, umat dan pemerintah. Lalu, sebagai penghubung antar ulama dan juga sebagai tempat untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kerukunan beragama.

Wakil Ketua MUI Jawa Tengah, Prof. Dr. KH Ahmad Rofik mengatakan, tantangan pengurus MUI saat ini makin berat karena banyak terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan hukum agama. Contoh tantangan tersebut seperti persoalan IT yang berdampak pada banyaknya anak-anak warnet sementara pengajian di masjid sedikit berkurang, masalah mengenai narkoba dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pada kesempatan ini juga diharapkan oleh MUI Jateng agar Baznas di Pekalongan bisa di maksimalkan. (*)

Related Articles

Back to top button