fbpx
Pojok BangsaRELIGIReligius

Pengukuhan Pengurus FASANTRI, Panitia Usung Tema Optimalisasi Peran Santri Putri di Era 5.0

ENERGIBANGSA.ID – Dalam rangka suksesi acara pengukuhan pengurus Forum Pengasuh Pondok Pesantren Putri se Indonesia, periode 2021-2026, panitia menyelenggarakan beberapa sesi Diskusi. Adapun tema diskusi diantaranya mengusung tema tentang memaksimalkan adanya perkembangan teknologi.

Ketua Umum FASANTRI, Hindun Anisah dalam sambutan menyampaikan, pentingnya keberadaan FASANTRI sebagai wadah perkumpulan pengasuh pondok pesantren putri di Indonesia melek literasi digital.

“Memasuki era society 5.0 ini, tentu penting untuk meningkatkan literasi digital di lingkungan santri putri agar mereka bisa mengakses berbagai informasi,” ucapnya, Jakarta 20 Desember 2021.

Hal ini penting, lanjut Hindun, karena berdasarkan penelitian terakhir yang menunjukkan bahwa jumlah Ponpes putri jauh lebih banyak dari jumlah ponpes putra. Artinya Populasi santri putri dipastikan akan terus naik. Maka dari itu menurut Hindun pentingnya Forum FASANTRI untuk SDM pengasuh pesantren putri.

“Santri Putri walaupun banyak namun akses informasi lemah, tidak heran jika santri putri ada beberapa yang menjadi korban oknum pendidik. seperti maraknya kasus pelecehan seksual. Maka keberadaan FASANTRI ini akan sangat dibutuhkan dalam melindungi para santri-santri putri dari pelecehan seksual di lingkungan pesantren,” lanjut Hindun.

Hindun menegaskan adanya perkembaganteknologi seperti dua sisi mata uang, bisa memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat, tidka terkecuali santri putri.

“Maka dari itu Pondok Pesantren sebagai bagian integral dari masyarakat diharapkan pondok pesantren termasuk ponpes putri dapat berperan penting sebagai filter bagi dampak negatif serta menjadi role model dalam peningkatan peran sisi positif teknologi informasi di lingkungan masyarakat,” tutupnya.

Kontributor: Maulana Malik Ahmad
Editor : Nahrowi

Related Articles

Back to top button