fbpx
Kabar Indonesia

Pengibaran Bendera di Perairan Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 melalui proklamasi yang dibacakan oleh Ir Soekarno. Menandai euforia kala itu, bangsa Indonesia mengibarkan bendera merah putih di setiap halaman rumah, pertokoan, perkantoran dan sepanjang jalan protokol. Hal ini sering luput dari pemahaman lantaran hanya melaksanakan perintah pemerintah.

Mengambil narasi semangat nasionalis yang membara, pengibaran bendera di bawah air juga terus dilakukan dari tahun ke tahun. Tren tersebut tidak hanya unik, lebih dari itu pengibaran bendera di dalam laut dengan kedalaman tertentu sangat berisiko. Sobat Energi perlu mengetahui tantangan tersebut bukan sekedar tantangan, melainkan menyelipkan demo kekuatan maritim Indonesia pada dunia.

Pengibaran Bendera di Perairan Indonesia

Menggelorakan nasionalisme di perairan Indonesia. Secara politis, keberanian mereka mengukuhkan pesan Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Tenggelamkan. Sedangkan pesan moral dari hal tersebut, rasa syukur atas anugerah Sang Penguasa pada bangsa Indonesia berupa lautan yang kaya dengan aneka ragam hayati dan sumber energi.

Nah, untuk memahami hal tersebut, Sobat Energi perlu tahu bahwa untuk menjalankan misi pengibaran Sangsaka Merah Putih di dalam laut terdapat tingkat kerumitan yang harus dipahami secara detail. Penasaran kan? Simak ulasan berikut ini !

Cuaca Ekstrim

Cuaca yang sulit ditebak dan mudah berubah sewaktu waktu masih menjadi hal yang paling menggangu bagi para penyelam untuk menjalankan misi pengibaran bendera. Cuaca di laut lepas itu ekstrim lho.. mulanya tampak tenang, eh tiba-tiba hujan, badai, gelombang tinggi dan yang pasti arus deras tidak bisa diprediksi dengan tepat kapan akan datang dan pergi.

Pengibaran Bendera di Perairan Indonesia

Selain itu, tidak sembarang orang bisa turut serta mengibarkan bendera merah putih di dalam laut. Hanya mereka yang memiliki lisensi menyelamlah yang bisa berperan dalam misi peringatan kemerdekaan ini.

Keterbatasan Waktu

Pengibaran bendera merah putih di dalam laut tentu harus dilakukan dengan secepat mungkin, tempo tersebut mengingat terbatasnya oksigen yang dipakai oleh penyelam. Dengan terbatasnya waktu, penyelam harus meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dapat menghambat proses pengibaran bendera atau bahkan membahayakan diri dan atau tim, seperti miscommunication.

Gimana sobat energi jadi tambah ngerti kan ? atau tertarik jadi pasukan pengibar bendera di dalam laut ? pastikan kalian bisa menyelam ya, jangan cuma bisa gaya dada, masuk air langsung da da… hehe

Related Articles

Back to top button