fbpx
EssaiKolom

Penghasilan Ratusan Juta dan Tinggal di Indonesia

oleh : Yanuar Aris Budiarto, S.IP, founder energibangsa.id, Head of Business Unit SMK Swadaya Semarang.

ENERGIBANGSA.ID – Bagaimana rasanya punya penghasilan ratusan juta dan tinggal di Indonesia? Hmmm… Biasa ajah sih kalau menurut saya.

Saya memiliki beberapa unit usaha, yang saya kelola sendiri maupun berpartner dengan teman. Penghasilan kotor saya kurang lebih 750–900 jutaan perbulan, belum pernah mencapai angka 1M sih, doakan semoga bulan ini tercapai.

Penghasilan itu dipotong dengan gaji karyawan dan pengeluaran rutin sekitar 230 juta sebulan. Jadi penghasilan bersih sekitar 500–650an juta sebulan.

Setiap bulan saya menabung untuk masa tua sekitar 60% jadi sekitar 300 juta sebulan. Tidak lupa pula saya selalu sempatkan untuk sedekah ke yayasan atau kadang juga panti asuhan 25 juta tiap bulan. Jadi masih ada sisa sekitar 175 juta sebulan.

Karena saya sudah berkeluarga dan tinggal terpisah dengan orang tua. Jadi tiap bulan saya ke silaturrahim rumah orang tua lalu saya sisipkan uang 25 juta di tas belanjanya. Maklum orang tua saya gak punya ATM dan katanya malas bikin rekening.

Sisa 100 juta tentu saja saya berikan 50 juta untuk uang belanja istri saya. Dan 50 jutanya lagi untuk jajan saya.

Alhamdulillah istri saya tidak pernah mengeluh dengan uang jajan segitu, bahkan kadang dia juga kirimkan uang jajan untuk keponakannya.

Sedangkan saya sisa 50 juta itu biasa saya habiskan untuk traktir teman teman, kadang juga bikin give away di social media saya. Biar teman-teman FB saya senang. Kalau jalan-jalan kerumah sepupu bawa oleh-oleh buat ponakan.

Maafkan jawaban saya agak sedikit panjang lebar menjelaskan. Doakan saja semoga khayalan saya ini terkabulkan.

Aamiin Allahumma Aamiin. yang bilang Amin, saya doakan lebih kaya dari saya. hehehe….

Related Articles

Back to top button