Kabar Indonesia

Pengelolaan dan Pemasaran Bisnis Cupang

oleh : Annas Sofiya *

ENERGIBANGSA.ID – Pada Masa pandemi sekarang perusahaan mengharuskan karyawan bekerja di rumah atau disebut WFH (Work From Home) tujuannya agar virus covid-19 tidak menyebar di kalangan karyawan.

Selama WFH mungkin terasa amat bosan. Maka dari itu alangkah baiknya penulis menyarankan untuk membuka usaha tetapi yang tidak membebankan bagi kita sebagai karyawan.

Misalnya saja budidaya ikan cupang, terdapat banyak warna dan terlihat cantik yang membuat diminati banyak orang dari kalangan anak-anak hingga dewasa, jenisnya yaitu Halfmoon dan Koi, nama yang cukup terkenal diantaranya seperti multi colour, Bluerim, Yellofanci, FFCP.

 Langkah Awal

Tempat untuk budidaya cupang yaitu harus berada disuhu yang tidak terlalu panas, dan untuk kadar PH yaitu 7 seperti air sumur. Untuk tempat cupang sendiri sebenarnya harus dari bahan atum bukan kaca karena alasannya ketika suhu tinggi tidak gampang merubah suhu yang sebelumnya.

Perkembangbiakan

Untuk pembibitan ada dua cara, yang pertama membeli bibit yang sudah dewasa dan unggul dalam artian pernikahan harus sejenis agar tidak cacat.

Lalu menyiapkan styrofoam kotak panjangnya 40cm kemudian menuangkan air secukupnya dan masukan betina yang berada di dalam aqua gelas dan si jantan dimasukan barengan dengan betina diluar gelas aqua tetapi masih didalam styrofoam.

Lalu styrofoam ditutup kembali. Kemudian mendiamkan keduanya selama 8 jam selanjutnya dilihat apakah jantan terlihat berbuih atau tidak, apabila berbuih sang betina dikeluarkan dan dipisahkan.

Setelah 1 hari, ketika buihnya terdapat titik hitam itu menandakan bahwa betina berhasil bertelur, selanjutnya betina dapat dikeluarkan dari styrofoam.

Betina lalu dimasukan ke aqua gelas yang berisi air daun ketapang tujuannya agar tidak terinfeksi akibat perkawinan. Untuk cupang jantan tetap harus diberi makan sehari dua kali tujuannya agar tidak memakan telur tersebut.

Setelah 7 hari cupang jantan dipisahkan dengan anaknya. Baby cupang ini (burayak) setelah berumur 2 minggu lalu diberi makan artemia (Anak udang). Setelah 1-2 bulan makanan untuk buraya ini diberi makan kutu air (kita bisa membelinya di toko ikan). Untuk umur 3 bulan sampai selanjutnya pakan ikan ini adalah cacing air atau pelet.

Strategi Pemasaran

Setelah kita sudah mempunyai banyak ikan cupang dan akan dijual ke masyarakat, besaran harga cupang umur 3 bulan yaitu harga 5 ribu dan jika lebih dari 4 bulan kita bisa memberi harga 15 ribu sampai 100 ribu.

Cara untuk memasarkan bisa lewat Instagram, Whatsapp, Facebook. Jika ada pesanan dari luar kota maka untuk packaging digunakan dengan plastik yang berisi air tetapi tidak ditiup karena akan menimbulkan racun, kemudian di masukan kardus dan diberi buble wrap

Sangat mudah bukan? Terlebih perkembangbiakan cupang sangat cepat sampai ratusan baby.

*Annas Sofiya, Mahasiswa Manajemen FE Unwahas

Related Articles

Back to top button